Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan

Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan – Program Studi : Pendidikan Sains Nama Mata Kuliah : Teknologi Informasi dan Komunikasi Kode : Sains 6216 Jumlah SKS : 2 Semester : 2 Mata Kuliah Prasyarat : – Dosen Pembantu : Sabre Nurrahman, M.Pd dkk. Berbagai aplikasi TIK untuk menunjang kegiatan pendidikan sebagai mahasiswa dan sekaligus kepada calon guru IPA untuk melakukan komunikasi ilmiah, menganalisis fenomena ilmiah dan menyajikan informasi ilmiah secara digital serta memberikan gambaran tentang pemanfaatan TIK dalam dunia bisnis. Hasil Pembelajaran (Ringkasan Kuliah): Mahasiswa mampu memahami TIK dan penggunaannya dalam berbagai bidang kehidupan Mahasiswa mampu memahami cara kerja komputer dan bagian-bagiannya, sistem jaringan dan cara kerja Internet. Google Slides dan Google Forms untuk berbagai kebutuhan pendidikan Siswa dapat membuat materi pembelajaran online dan sistem penilaian menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia: Google Classroom, Edmodo, Kahoot dan Blogger. Mahasiswa mampu menggunakan simulasi Phet untuk menganalisis berbagai konsep keilmuan Mahasiswa mampu menggunakan analisis video tracker untuk menganalisis fenomena gerak digital Mahasiswa mampu merancang presentasi menggunakan software Prezi Mahasiswa mampu menggunakan Mendelay untuk menulis karya ilmiah Internet dalam dunia bisnis

Waktu : 2 x 100 menit Semangat Pagi, apa kabar hari ini? Ya, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan semangat untuk terus belajar. Pada sesi ini kita akan membahas beberapa isu dasar tentang TIK. Dimulai dengan pengertian TIK, komponen-komponen yang ada pada TIK dan pemanfaatan TIK dalam kehidupan sehari-hari. Secara rinci, unit ini memiliki tujuan pembelajaran sebagai berikut: 1. Mampu memahami TIK 2. Mampu menyebutkan komponen-komponen yang terlibat dalam sistem TIK 3. Mampu mengeksplorasi penggunaan berbagai aplikasi. TIK dalam Kehidupan Sehari-hari Untuk mencapai tujuan tersebut beberapa hal perlu dilakukan, antara lain: 1. Mempelajari modul dalam format flipped book yang telah disiapkan, 2. Menonton video pemanfaatan TIK dalam kehidupan sehari-hari, 3. Mengerjakan tugas di tamat. . dari Unit 1. Waktu yang tersedia adalah 2 x 100 menit (2 kali tatap muka). Pada 100 menit pertama silahkan pelajari modul dalam format flipbook, sedangkan pada 100 menit kedua silahkan tonton video yang disediakan, kemudian action di akhir Bab 1. Selamat belajar, semoga harimu menyenangkan.

Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan

Waktu : 2 x 100 menit Apa itu Internet? Bagaimana cara kerja Internet? Kedua pertanyaan ini akan menjadi motivasi utama untuk mempelajari topik kedua ini. Pada bagian ini, kami akan mencoba memahami apa itu Internet dan cara kerjanya. Pembahasan pertama-tama akan dimulai dengan mempelajari sistem komputer dan jaringan yang mendahului munculnya Internet. Oleh karena itu, kita akan melihat bagaimana komputer klien dan server bekerja untuk membagi tugas dan data/informasi. Secara bertahap, kita akan melihat sistem jaringan dari yang paling sederhana, seperti jaringan area lokal (LAN), kemudian kita akan beralih ke jaringan area luas (WAN), hingga kita berbicara tentang Internet, dari segi sejarah dan teknis, bagaimana berhasil. Untuk membantu orang, terhubung dan berbagi informasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, beberapa hal perlu dilakukan, seperti: 1. Mempelajari modul dalam format flipped book yang telah disiapkan, 2. Menonton video demonstrasi penggunaan sistem grid, 3. Mengerjakan tugas akhir Unit 2. Waktu tersedia 2 x 100 menit (2 kali tatap muka). Dalam 100 menit pertama, silakan pelajari modul dalam format flipbook. Dalam 100 menit kedua, silakan tonton tayangan video yang diberikan, lalu kerjakan tugas di akhir Bab 2. Selamat belajar, semoga harimu menyenangkan.

Pentingnya Memiliki Keterampilan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Era Revolusi Industri 4.0

Waktu: 3 x 100 menit Pada bagian ini, kita akan belajar memanfaatkan berbagai fitur Google yang termasuk dalam kategori Google for Education. Setelah mempelajari unit ini, Anda diharapkan mampu: “Menggunakan Google Docs, Google Sheets, Google Presentations, dan Google Forms untuk berbagai kebutuhan pendidikan.” Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut, disediakan waktu selama 3 x 100 menit (3 kali tatap muka). Dalam 100 menit pertama, tonton video tutorial penggunaan Google Docs, lalu kerjakan kompilasi dokumen di Google Docs. Pada 100 menit kedua, tonton video tutorial menggunakan Google Slides dan Google Sheets, lalu kerjakan tugas membuat presentasi menggunakan Google Slides dan membuat program operasi matematika menggunakan Google Sheets. Pada 100 menit ketiga, tonton video tutorial penggunaan Google Forms, kemudian berlatih membuat formulir dan kuis menggunakan Google Forms. Selamat belajar, semoga harimu menyenangkan.

Waktu : 3 x 100 menit Selamat pagi. Kali ini kita lanjut belajar tentang Learning Management System (LMS). LMS adalah istilah global untuk sistem komputer yang secara khusus dikembangkan untuk mengelola pembelajaran, menyampaikan kursus dan memfasilitasi kolaborasi antara siswa dan guru secara daring/daring. LMS memungkinkan Anda mengelola setiap aspek pembelajaran, mulai dari pendaftaran siswa hingga penyimpanan nilai ujian, dan memungkinkan Anda menerima tugas secara digital dan tetap berhubungan dengan siswa. Inti dari LMS adalah tulang punggung sebagian besar kegiatan e-learning. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan: mampu memahami teknik pembuatan akun Google, Edmodo dan Kahoot, mampu memahami teknik optimasi untuk menghasilkan performa materi pembelajaran dan sistem penilaian online yang lebih baik. Mampu memahami teknik posting Teknik insert media. Dalam topik ini, kita memiliki waktu 3 x 100 menit (3 pertemuan tatap muka) Dalam 100 menit pertama, kita akan mempelajari cara mengelola LMS Google Classroom. Pada 100 menit kedua, kita akan belajar bagaimana mengelola Edmodo LMS. Pada 100 menit ketiga, kita akan belajar bagaimana mengkostumisasi Blogger agar bisa digunakan sebagai website tutorial. Dalam setiap aktivitas ini, tindakan disiapkan untuk Anda. Selamat membaca

Waktu: 2 x 100 menit Sejak tahun 2002, peraih Nobel Karl Wieman telah mengerjakan proyek untuk mengembangkan simulasi matematika dan sains interaktif yang dapat digunakan secara gratis. Produk-produk tersebut disatukan dalam aplikasi simulasi interaktif PhET. Simulasi dan Pemodelan Simulasi interaktif PhET dikembangkan menggunakan Java, Flash atau HTML. Berbagai simulasi di bidang fisika, kimia, biologi, dan ilmu kebumian telah dikembangkan dalam versi offline dan online di https://phet.colorado.edu/en/simulations/category/new. Aplikasi ini dapat berjalan di sistem operasi Windows, Mac dan Linux. PhET adalah simulasi fenomena fisik berbasis penelitian interaktif gratis. Terus dikembangkan oleh tim di University of Colorado sejak 2012, sejauh ini telah menghasilkan lebih dari 360 juta simulasi di bidang fisika, kimia, biologi, ilmu bumi, dan matematika. Pengembang PhEt percaya bahwa pendekatan berbasis penelitian – yang menggabungkan hasil penelitian sebelumnya dan penelitian mereka sendiri – memungkinkan siswa menghubungkan peristiwa kehidupan nyata dan sains yang mendasarinya, yang pada akhirnya dapat memperdalam pengetahuan dan meningkatkan minat mereka pada sains (Guria. , 2016). . Baca selengkapnya di sini

Waktu 2 x 100 menit Pada unit ini akan dipelajari penggunaan analisis video tracker untuk menganalisis gerak, baik gerak satu dimensi maupun gerak dua dimensi dari kejadian gerak nyata dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu siswa mempelajari berbagai fenomena gerak dua dimensi adalah video tracker analysis. Aplikasi ini dikembangkan dengan Java Open Source Physics (OSP) dan memiliki kemampuan untuk melacak (trace) pergerakan suatu objek untuk memperoleh berbagai informasi yang dibutuhkan dalam analisis gerak dua dimensi. Melalui unit ini kita akan mempelajari: 1. Teknik download dan install program tracker 2. Teknik merekam kejadian gerak dari kehidupan sehari-hari yang akan dianalisa. 2. Teknik analisis gerak menggunakan tracker. Kami memiliki waktu 2 x 100 menit (2 kali tatap muka). Dalam 100 menit pertama kita akan mempelajari cara mengunduh, menginstal, dan menganalisis gerakan menggunakan pelacak melalui video demonstrasi dan bahan bacaan dalam format flipbook. Pada 100 menit kedua, kegiatan mandiri untuk menyelesaikan tugas menganalisis pergerakan suatu objek menggunakan tracker. Selamat belajar, semoga harimu menyenangkan.

Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (tik)

Waktu: 1 x 100 menit Prezi adalah salah satu software presentasi selain PowerPoint yang dapat kita gunakan untuk membuat presentasi yang lebih menarik baik secara online maupun offline, sehingga ide-ide Anda dapat tersampaikan dengan lebih mudah. Aplikasi presentasi Prezi memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia hingga saat ini. Bahkan Rob Campbell, pendiri PowerPoint, setuju. Dia mengatakan bahwa “perangkat lunak presentasi Prezit adalah pendekatan yang sangat baik untuk visualisasi informasi.” Sekarang tidak ada salahnya mencoba. Pada unit ini, kita akan belajar bersama bagaimana membuat presentasi menggunakan Prezi. Silakan merujuk ke video tutorial dan modul berikut tentang presentasi Prezi: Video tutorial tentang persiapan presentasi Prezi akan diposting Modul tentang langkah-langkah mempersiapkan presentasi Prezi akan diposting.

Waktu: 1 x 100 menit Mendeley adalah program aplikasi yang dikembangkan oleh Elsevier, digunakan untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian, mencari data penelitian dan berkolaborasi secara online. Mendeley menyertakan Mendeley Desktop, perangkat lunak manajemen referensi dalam format PDF. Pengguna Mendeley harus menyimpan data kutipan di server mereka sendiri. Pengguna memiliki hak untuk menyimpan salinan dokumen di server Mendeley. Setelah pendaftaran, Mendeley menawarkan penyimpanan online gratis sebesar 2GB kepada pengguna. Mendeley juga merupakan jejaring sosial akademik, sehingga pengguna dapat berbagi referensi yang digunakan dengan sesama mahasiswa atau peneliti lain di seluruh dunia. Pengguna dapat mencari penelitian terbaru yang kemudian dapat dijadikan referensi dalam karya ilmiah. Bahkan, pengguna juga dapat menggunakan fitur Web Importer di Mendeley sehingga secara otomatis dapat mengimpor berbagai referensi dari berbagai situs pengindeksan ilmiah (seperti Google Scholar).

Pendidikan teknologi informasi dan komunikasi, peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan, judul skripsi pendidikan teknologi informasi dan komunikasi, jurnal teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan, makalah teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan, ilmu teknologi informasi dan komunikasi, buku teknologi informasi dan komunikasi, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan, teknologi informasi dan komunikasi, buku teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan pdf, penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan, jurnal teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like