Perkembangan Psikologi Pendidikan Di Indonesia

Perkembangan Psikologi Pendidikan Di Indonesia – 19/9/2018 Konsep Dasar Psikologi Pendidikan a. Pengertian psikologi pendidikan b. Hubungan antara psikologi dan pendidikan c. Sejarah Gambar Psikologi Pendidikan d. Kontribusi psikologi pendidikan terhadap teori dan praktik pendidikan e. Metode dalam Psikologi Pendidikan

19/9/2018a. Pengertian psikologi pendidikan : Psyche = jiwa, Logos = ilmu Ilmu yang mempelajari masalah kejiwaan peserta didik dalam pendidikan dan proses pendidikan. Sebuah studi sistematis tentang proses dan faktor yang terlibat dalam pembelajaran manusia (Witherington). Psikologi pendidikan adalah psikologi khusus dan terapan. Cabang ilmu psikologi yang menerapkan prinsip-prinsip psikologi untuk memecahkan masalah pendidikan (Encyclopedia of America)

Perkembangan Psikologi Pendidikan Di Indonesia

19/9/2018 Bidang Psikologi Pendidikan Gejala psikologis antara lain: perhatian, ingatan, imajinasi, motivasi, dll. Perbedaan individu: kebutuhan dan bakat intelektual, kepribadian, dll.

Makalah Psikologi Perkembangan Konsep Psikologi Perkembangan

19/9/2018 b. HUBUNGAN PSIKOLOGI DENGAN PENDIDIKAN Mengajar berarti membantu peserta didik untuk berkembang secara optimal sesuai dengan tujuan pendidikan, peserta didik adalah makhluk bio-psiko-sosial-spiritual. Tidak mungkin mengabaikan aspek psikologis dalam proses pendidikan. Pendidikan dilakukan atas dasar: landasan filosofis, psikologis, sosial budaya dan teknologi.

19/9/2018 Pentingnya Psikologi dalam Pendidikan Psikologi membantu guru untuk bersama-sama memahami karakteristik kognitif, afektif dan psikomotor siswa. Guru dapat memahami perbedaan siswa sesuai dengan karakteristik psikologis masing-masing. Guru dapat mengatasi kesulitan belajar dan menciptakan lingkungan yang nyaman dan menyenangkan bagi siswa.

19/09/2018 Kontribusi psikologis terhadap perubahan pendidikan peserta didik dalam proses pendidikan. Pengaruh alam dan lingkungan terhadap hasil belajar. Hubungan antara metode pengajaran dan hasil belajar. Pengaruh faktor sosial terhadap pembelajaran. Hasil interaksi guru dan siswa. Pengaruh perbedaan individu dalam kemampuan belajar.

19/9/2018 Pengertian dan tujuan pendidikan (1/3) oleh F.H. Phoenix “Pendidikan adalah proses dimana manusia memusatkan perhatian pada perkembangan manusia” Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan adalah penuntun segala daya kodrat pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan keamanan yang setinggi-tingginya sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat. masyarakat. Kebahagiaan.

Pdf) Hakikat Dan Konsep Konsep Dasar Psikologi Pendidikan, Belajar Dan Pembelajaran, Serta Faktor Faktor Yang Mempengaruhinya

19/9/2018 ARTI DAN TUJUAN PENDIDIKAN (2/3) OLEH TAP MPR NO. Pendidikan V/MPR/1973 dalam UU RI No. Pendidikan adalah usaha sengaja dan terencana untuk mewujudkan lingkungan belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia dan dengan sendirinya keterampilan yang diperlukan masyarakat. , negara dan bangsa.

19/9/2018 Makna dan Tujuan Pendidikan (3/3) Pendidikan adalah bimbingan, kepemimpinan, pengajaran yang dilakukan seseorang atau kelompok secara sadar (sadar) terhadap seseorang atau kelompok Bimbingan, kepemimpinan dan bimbingan dilakukan dengan maksud untuk membantu kemajuan siswa menuju tujuan tertentu. Kegiatan pendidikan (interaksi antara guru dan siswa) dapat berlangsung baik di dalam maupun di luar sekolah.

19/09/2018 Dana Renstra Depediknas Visi: Departemen Indonesia Cerdas dan Berdaya Saing Misi: Membangun manusia Indonesia yang cerdas dan berdaya saing melalui pendidikan yang adil, bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat global.

19/9/2018c. Psikologi Pendidikan Tokoh Sejarah Democritus Plato dan Aristoteles John Amos Comenius Jean Jacques Rousseau Johann Heinrich Pestalozzi Johann Friedrich Herbart Friedrich Froebel Sir Francis Galton William James Granville Stanley Hale Alfred Binet

Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja Pengasuh Anak Lintas Budaya

13 19/9/2018 1. Democritus Pada abad ke-5 SM, misalnya, Democritus menulis tentang manfaat sekolah dan pengaruh rumah terhadap pembelajaran (Watson, 1961). Demokrat (460 SM)

14 19/09/2018 2. Plato dan Aristoteles Plato dan Aristoteles membahas topik berikut dalam psikologi pendidikan (Adler, 1952, Watson, 1961): jenis pendidikan yang cocok untuk orang yang berbeda; Pelatihan fisik dan pengembangan psikomotorik; pembentukan karakter yang baik; Kemungkinan dan keterbatasan pendidikan moral; Efek musik, puisi, dan seni lainnya pada perkembangan individu; Peran guru; Hubungan antara guru dan murid; metode dan metode pengajaran; Sifat pembelajaran; Urutan pembelajaran: pengaruh dan pembelajaran; dan belajar tanpa guru. Plato (427 SM) Aristoteles (384 SM – 322 SM)

19/9/2018 3. John Amos Comenius ( ) Pakar pendidikan Ceko, bapak pendidikan anak usia dini modern, jangan berpikir seperti orang dewasa kecil, belajar harus bisa menarik perhatian anak, buat -dengan alat visual, anak bisa melihat , berlatih dan mengeksplorasi.

19/09/2018 4. Jean-Jacques Rousseau ( ) Pemikir Prancis “Segala sesuatu baik jika berasal dari tangan Sang Pencipta, segala sesuatu yang buruk ada di tangan manusia.” Intervensi orang tua/dewasa. Jika perkembangan anak tidak dilakukan dengan hati-hati maka dapat menimbulkan masalah. Guru harus mempersenjatai diri dengan pengetahuan tentang psikologi siswa.

Perkembangan Psikologi Agama Pages 1 1

19/09/2018 5. Johann Heinrich Pestalozzi (1746 – 1872) adalah seorang pendidik dari Swiss yang berusaha meningkatkan pendidikan di masyarakat dengan mengutamakan pendidikan anak. Menasihati anak bahwa pendidikan sesuai dengan perkembangan jiwa anak. Usulkan agar proses pembelajaran didasarkan pada pengalaman, dari yang mudah ke yang sulit, dll.

19/09/2018 6. Johann Friedrich Herbart ( ) tidak hanya dianggap sebagai suara pertama psikologi modern, tetapi murid-muridnya memainkan peran penting dalam mempersiapkan cara Herbarian untuk studi ilmiah pendidikan . Dia menulis tentang apa yang sekarang kita sebut teori skema untuk mendukung psikologi kognitif, yang menunjukkan peran pengalaman dan perencanaan masa lalu dalam pembelajaran dan retensi.

19/09/2018 Herbartians (Siswa Herbart) Herbartians mempromosikan pengajaran melalui ide revolusioner akhir abad ke-19 melalui pengembangan pembelajaran logis. Mereka memperkenalkan lima langkah standar untuk mengajar mata pelajaran apapun: persiapan (pikiran pelajar), presentasi (materi yang akan dipelajari), perbandingan, generalisasi, dan aplikasi. Para Herbartianlah yang pertama kali memfokuskan penelitian ilmiah pada teknik pedagogis, dan akhirnya membuka jalan bagi bidang penelitian yang paling bermanfaat dalam psikologi pendidikan.

19/09/2018 7. Friedrich Froebel (1782 – 1852), guru bahasa Jerman, mendirikan Rumah Anak. Menurut Froebel, taman kanak-kanak adalah tempat anak-anak bermain, bernyanyi, melatih kreativitas, dan membuat kerajinan bersama.

Lekat #6: Organisasi Profesi Psikologi Di Indonesia

09/19/2018 Granville Stanley Hall (1844-1924) Pada tahun 1887, Hall mendirikan American Journal of Psychology dan pada tahun 1892 diangkat sebagai presiden pertama American Psychological Association. Mengetahui pengaruh masa remaja terhadap pendidikan.

22 19/09/2018 Sir Francis Galton (1822 – 1911) Investigasi mental Galton melibatkan pencatatan secara detail dengan subjek manusia bagaimana dan kapan pikiran mereka memproses fenomena seperti gambaran mental. Untuk mendapatkan informasi ini dengan lebih baik, dia memelopori penggunaan kuesioner. Studi Galton tentang kemampuan manusia akhirnya mengarah pada dasar psikologi diferensial dan penciptaan tes mental pertama. Dalam semua penelitian Galton, dia berhipotesis bahwa orang yang merespons dengan cepat lebih cerdas daripada yang lain.

19/09/2018 William James (1842 – 1910), bapak psikologi Amerika, seorang filsuf pragmatis, menjelaskan bahwa kesadaran adalah fungsi dari pengalaman murni. Pengalaman murni merupakan perubahan yang terus menerus dalam kehidupan manusia dan akan menjadi bahan refleksi manusia di masa yang akan datang. Menurut James, kebenaran selalu dapat diubah dan diperbaiki oleh pengalaman. Kesadaran manusia adalah kekuatan aktif, selektif, dan terarah yang dengannya manusia membentuk lingkungan religius dan tidak bergeraknya menjadi pola yang bermakna.

24 19/09/2018 Alfred Binet (1857 – 1911) adalah seorang psikolog Prancis yang menciptakan tes kecerdasan fungsional pertama, skala Binet-Simon.

Pdf) Peranan Psikologi Pendidikan Sebagai Kompetensi Dasar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan

19/9/2018 d. Kontribusi psikologi pendidikan terhadap pengembangan kurikulum pendidikan Pengembangan program PEND. Sistem evaluasi sistem pembelajaran psikologi pendidikan

19/09/2018 Kontribusi psikologi pendidikan terhadap pengembangan kurikulum adalah rangkaian pengalaman belajar yang direncanakan dan dilaksanakan baik di dalam maupun di luar sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan. Pengembangan kurikulum mempertimbangkan aspek-aspek berikut: karakteristik psikologis siswa; Kemampuan siswa untuk melakukan sesuatu dalam situasi yang berbeda; Pengalaman belajar siswa; Hasil pendidikan (learning outcomes) dan pengukuran kemampuan siswa. Penyusunan buku teks didasarkan pada aspek psikologis siswa.

19/9/2018 Kontribusi psikologi pendidikan terhadap pengembangan program pendidikan, seperti pengembangan program pendidikan, program pengujian, dll. Hal itu tidak lepas dari aspek psikologis siswa; Penetapan jurusan atau program; Pengembangan program harus mencerminkan upaya untuk mengembangkan potensi siswa.

19/9/2018 Kontribusi psikologi pendidikan terhadap pengembangan sistem pendidikan Pemilihan teori pembelajaran terapan; Pemilihan model pembelajaran; pemilihan metode komunikasi dan dukungan untuk pembelajaran; Penentuan alokasi waktu belajar dan pelatihan.

Konsep Dasar Psikologi Pendidikan

19/9/2018 Kontribusi Psikologi Pendidikan Terhadap Sistem Evaluasi Pendidikan Penentuan teknik evaluasi (teknik eksperimen atau teknik non eksperimen); Menentukan jenis tes (lisan, tertulis dan praktik, serta objektif atau objektif); Keputusan waktu evaluasi;

19/9/2018 TEKNIK MEMAHAMI PERILAKU DAN ATRIBUT SISWA Metode tes non eksperimen untuk memahami perilaku dan sikap siswa dilakukan dengan instrumen yang valid dan reliabel; Itu dilakukan dengan alat khusus seperti angket, pedoman wawancara, pedoman observasi, dll. diseleksi untuk mengumpulkan informasi tentang keterampilan akademik, kemampuan, minat, kecerdasan; dipilih untuk mengumpulkan informasi tentang fakta atau opini; Itu dilakukan mengikuti beberapa aturan; Teknik non eksperimen antara lain: observasi, wawancara, angket, sosiometri, analisis jabatan, biografi, dll.

19/9/2018 E. Metode dalam Psikologi Pendidikan Jenis Metode Observasi Metode Klinis Metode Diferensial Metode Ilmiah Metode Eksperimen

Kami mengumpulkan dan membagikan data pengguna dengan pemroses untuk mengoperasikan situs web ini. Untuk menggunakan situs ini, Anda harus menerima Kebijakan Privasi kami, termasuk Kebijakan Cookie kami. Ubah bahasa Tutup bahasa menu Inggris Español Portugis Deutsch Français Русский Italiano Română Indonesia (Terpilih) Informasi lebih lanjut Memuat Memuat.. .Tutup menu pengaturan pengguna

Psikologi Pendidikan: Pengertian, Tujuan, Dan Sejarah Perkembangannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like