Makalah Pendidikan Di Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Makalah Pendidikan Di Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi – Perubahan lingkungan di luar dunia pendidikan, mulai dari masyarakat, ekonomi, teknologi, hingga politik membutuhkan kesempatan pendidikan untuk memikirkan kembali bagaimana perubahan tersebut berdampak sebagai social enterprise dan bagaimana seharusnya dilakukan dengan perubahan tersebut. Salah satu perubahan lingkungan yang mempengaruhi dunia pendidikan adalah munculnya teknologi informasi (TI). Dampak teknologi informasi dalam aktivitas manusia pada masa ini memang sangat besar. Teknologi informasi telah menjadi pusat kegiatan penting dalam banyak bidang kehidupan yang memberikan kontribusi besar terhadap perubahan mendasar dalam penyelenggaraan kegiatan dan manajemen, pendidikan, transportasi, kesehatan dan penelitian. Oleh karena itu sangat penting untuk meningkatkan keterampilan personel (SDM) TIK, mulai dari keterampilan dan pengetahuan, perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan dan pengawasan, serta meningkatkan keterampilan TIK para pemimpin di lembaga pemerintah, sistem – pendidikan, perusahaan, UKM ( usaha kecil dan menengah) dan LSM. Sehingga pada akhirnya akan menghasilkan produk yang sangat bermanfaat bagi individu dan di segala bidang kehidupan (Pikiran Rakyat, 2005: Mei). pendidikan, khususnya dalam jalur pendidikan. Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya pemanfaatan TIK terjadi lima perubahan dalam proses pembelajaran yaitu: (1) dari pelatihan ke praktik, (2) dari sekolah ke mana saja, kapan saja, (3) “online” atau saluran, (4) perangkat fisik untuk mengoperasikan perangkat jaringan, (5) dari waktu virtual ke waktu nyata

, dan seterusnya. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya melalui hubungan tatap muka tetapi juga melalui media (Rosenberg, 2001).

Makalah Pendidikan Di Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Kegiatan pembelajaran yang berhasil membutuhkan pendekatan yang mendukung untuk menggali informasi sebanyak mungkin. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi informasi berperan penting sebagai sarana untuk mencari berbagai sumber informasi yang berkaitan dengan mata pelajaran yang dipelajari.

Pendidikan Di Era Informasi

Tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran dan perkembangan di dunia pendidikan, serta dampak teknologi informasi terhadap kualitas dan hasil belajar siswa saat ini.

BAB 2.1 Teknologi dan Keterkaitannya dengan Proses Pendidikan Sering kali kata teknologi dipahami oleh orang awam sebagai sesuatu yang mekanis atau hal yang berhubungan dengan mesin, namun sebenarnya teknologi pendidikan memiliki arti yang luas, karena teknologi pembelajaran merupakan gabungan dari manusia. , mesin, ya. proses, dan manajemen (Hoba, 1977) maka pengertian ini akan semakin jelas dengan pengertian bahwa teknologi adalah penggunaan pengetahuan atau pengetahuan lain yang diorganisasikan untuk melakukan tugas-tugas praktis (Galbraith, 1977). Peluang teknologi harus dimaknai sebagai upaya peningkatan efisiensi dan efektivitas dan teknologi tidak lepas dari masalah, karena teknologi lahir dan berkembang untuk memecahkan masalah yang dihadapi manusia. Dalam konteks ini, teknologi pendidikan juga dapat dianggap sebagai produk dan proses (Sadiman, 1993). Sebagai produk teknologi pendidikan mudah dipahami karena lebih bersifat formal seperti radio, televisi, proyektor, OHP dll. Sebagai proses teknologi pendidikan tidak pernah terdengar. Dalam konteks ini, teknologi pendidikan dapat dipahami sebagai proses yang kompleks dan terintegrasi yang melibatkan orang, sistem manajemen, alat, dan kelompok untuk menganalisis masalah, menemukan cara untuk memecahkan masalah, implementasi, hingga menemukan dan mengelola solusi untuk masalah tersebut.

Yang meliputi seluruh aspek hakikat manusia. (AECT, 1977). Sejalan dengan itu, maka lahirlah teknologi pendidikan dengan lahirnya permasalahan pendidikan, permasalahan pendidikan yang terjadi saat ini dengan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan, peningkatan kualitas/kualitas, kepentingan, dan efektifitas pendidikan. Masalah terbesar pendidikan mulai dari SD hingga SMA adalah masalah kualitas, tentunya hal ini dapat diselesaikan dengan bantuan teknologi pendidikan. Ada tiga prinsip teknologi pendidikan yang menjadi acuan dalam pengembangan dan penerapannya. . , yaitu: pendekatan yang berpusat pada siswa, dan penggunaan materi pendidikan (Sadiman, 1984:44). Dalam merancang program pendidikan diperlukan langkah-langkah strategis antara lain: identifikasi masalah, analisis situasi, identifikasi tujuan, pengelolaan pembelajaran, penentuan metode, penentuan media (Imodel, 1989). Pendekatan yang berpusat pada siswa berarti bahwa pendidikan siswa harus berpusat pada siswa dengan mempertimbangkan karakteristik, minat, dan kemampuan siswa. Prinsip menggunakan perangkat pembelajaran berarti bahwa dalam pendidikan peserta didik harus memanfaatkan perangkat pembelajaran untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan. Keberhasilan pembelajaran dalam suatu kegiatan pendidikan adalah bagaimana siswa dapat belajar, dengan mengetahui, mengembangkan, mengorganisasikan dan menggunakan segala macam bahan pembelajaran. Oleh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like