Komponen Transmisi Otomatis Dan Fungsinya

Komponen Transmisi Otomatis Dan Fungsinya – Jika Anda pemilik kendaraan matic, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah transmisi otomatis. Bagaimana cara kerja transmisi otomatis agar kendaraan tetap berjalan dengan lancar?

Sebagian orang lebih nyaman menggunakan mobil bertransmisi otomatis karena dianggap lebih mudah digunakan daripada mobil bertransmisi manual. Ya, transmisi otomatis tidak memiliki pedal kopling dan memberikan kemudahan dalam mengoperasikan kendaraan.

Komponen Transmisi Otomatis Dan Fungsinya

Selain pengoperasian yang mudah, transmisi otomatis juga memiliki perpindahan gigi yang lebih mulus dibandingkan transmisi manual. Alhasil, saat digunakan, mobil dengan transmisi otomatis terasa relatif lebih nyaman.

Sistem Tranmisi Manual Pada Sepeda Motor

Kenyamanan yang dimaksud adalah pengemudi tidak merasakan sentakan saat mengganti persneling, sehingga mobil seolah melaju mulus. Nah, dengan mengetahui cara kerja transmisi otomatis, pengemudi akan lebih memahami cara merawatnya.

Komponen ini berfungsi untuk menambah dan mengurangi torsi mesin dan kecepatan kendaraan. Roda gigi planet digunakan untuk menghasilkan energi dan menggerakkan kendaraan yang memiliki beban berat dengan tenaga ringan.

Salah satu bagian penting dari roda gigi planet yaitu rem berfungsi untuk menggerakkan roda gigi untuk mendapatkan rasio transmisi yang diperlukan. Rem digerakkan oleh tekanan hidrolik.

Komponen dipasang pada poros input transmisi dan dibaut ke roda gila poros engkol. Torque converter biasanya diisi oli transmisi otomatis (ATF), yang digunakan untuk menaikkan torsi mesin dan akan diteruskan ke bagian transmisi.

Arif Otomotif: Transmisi Otomatis

Selain itu, konverter torsi berfungsi sebagai kopling otomatis untuk mentransfer atau melepaskan torsi dari mesin ke transmisi. Komponen ini juga berguna untuk menghaluskan mesin, meredam getaran dan menggerakkan pompa oli.

Komponen ini merupakan oli khusus yang dicampur dengan berbagai aditif yang akan digunakan untuk melumasi transmisi ini. Transmisi otomatis harus menggunakan ATF yang telah ditentukan, karena penggunaan yang lain dapat mengakibatkan penurunan kapasitas transmisi.

Komponen yang mengontrol kerja rem dan kopling pada transmisi otomatis menggunakan tekanan yang dihasilkan oleh pompa oli.

Unit kontrol hidrolik memiliki bak oli yang berfungsi sebagai reservoir cairan, pompa oli untuk meningkatkan tekanan hidrolik, dan berbagai katup dan tabung yang akan mendistribusikan oli dari transmisi ke kopling, rem, dan bagian lainnya.

Macam Macam Hal Yang Wajib Diketahui Dari Gigi Mobil Matic

Meski sudah mengaktifkan gigi secara otomatis, transmisi otomatis ini masih memiliki dua sambungan yang memungkinkan pengoperasian manual oleh pengemudi yang terhubung dengan transmisi otomatis. Komponen transmisi otomatis ini berupa tuas selektor dengan kabel, throttle dan throttle.

Jenis transmisi ini memungkinkan gigi bergerak secara independen berdasarkan beban mesin, yang berasal dari besarnya tekanan pada pedal gas dan kecepatan kendaraan. Tanpa menggunakan tuas persneling, persneling dapat berubah secara otomatis sesuai dengan kondisi jalan dan jumlah muatan.

Transmisi otomatis ini dilengkapi dengan torque converter yang bekerja seperti kopling otomatis. Jumlah oli transmisi yang digunakan harus selalu cukup untuk pengoperasian yang benar. Penting untuk mengganti oli transmisi secara teratur.

Fungsi transmisi otomatis dimulai dari torque converter yang bekerja sebagai kopling mekanik, sehingga melalui komponen inilah torsi disalurkan ke mekanisme pompa dan turbin. Baling-baling pertama dari konverter torsi bertindak sebagai pompa yang terhubung langsung ke mesin.

Kenali Jenis Jenis Transmisi Otomatis

Baling-baling kedua secara langsung digabungkan ke turbin oleh roda gigi planet. Dan yang terakhir berfungsi sebagai stator untuk mengubah sistem 2 heliks menjadi sistem 3 heliks. Saat pengoperasian transmisi otomatis ini sedang berlangsung, baling-baling yang terpasang pada mesin berputar untuk memompa oli transmisi ke dalam ruang tertutup.

Tekanan oli kemudian digunakan untuk menggerakkan turbin, sistem ini menghasilkan peningkatan torsi turbin saat putaran mesin meningkat.

Dalam rangkaian cara kerja transmisi otomatis, planetary gear memiliki fungsi yang sama dengan gear ratio pada transmisi manual untuk mengubah rasio putaran dari turbin ke roda sehingga menyerupai tuas persneling yang digunakan untuk menyalakan mobil.

Bedanya di desain fisiknya, di planetary gear tidak ada dua baris gear yang terhubung bersamaan dengan rasio yang berbeda.

Apa Itu Torque Converter Dan Bagaimana Cara Kerjanya

Dalam pengoperasian transmisi otomatis ini, roda gigi planet hanya memiliki satu roda gigi yang sekelilingnya terdapat banyak roda gigi kecil. Serta bagian yang disebut kotak planet yang memiliki gigi di dalamnya. Sementara itu, mengubah rasio roda gigi planet secara hidraulik adalah kinerja badan katup.

Demikian ulasan tentang cara kerja transmisi otomatis yang sering digunakan pada mobil matic. Setelah membaca ulasan sebelumnya, Anda akan lebih memahami cara kerja transmisi otomatis dan komponennya. Transmisi jenis ini sebenarnya didesain dengan komponen khusus yang bekerja seperti komponen pada transmisi manual.

Previous Post Inilah 10 Obat Alami Wasir atau Ambeien Next Post Cara Kerja Transmisi Otomatis Level PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya). tingkat, untuk meningkatkan kecepatan kendaraan. Saat menuruni tanjakan atau saat kendaraan tidak memiliki tenaga yang cukup untuk menanjak, transmisi perlu ditempatkan pada jarak yang rendah.

Untuk itu, pengemudi harus selalu memahami beban mesin dan kecepatan kendaraan agar dapat memasang gigi dengan benar. Saat menggunakan sistem transmisi otomatis, perhatian pengemudi seperti disebutkan di atas tidak lagi diperlukan, karena transmisi otomatis berpindah pada waktu yang paling tepat sesuai dengan beban mesin dan kecepatan kendaraan.

Fungsi Dari Transmisi Adalah: 13 Komponen & Cara Kerjanya

2. Perpindahan gigi terjadi secara otomatis dan mulus pada kecepatan yang sesuai dengan kondisi berkendara, membebaskan pengemudi dari teknik berkendara yang sulit seperti mengoperasikan kopling.

3. Hindari membebani mesin dan transfer daya karena semuanya terhubung secara hidrolik (melalui konverter torsi) dan bukan secara mekanis.

Ada beberapa jenis transmisi otomatis yang dibuat dengan cara berbeda, namun fungsi dasar dan prinsip pengoperasiannya sama. Transmisi otomatis memiliki beberapa komponen utama. Agar transmisi otomatis berfungsi dengan baik, suku cadang ini harus berfungsi dengan baik dan dalam kondisi baik. Untuk memahami sepenuhnya cara kerja transmisi otomatis, perlu dipahami fungsi dasar dari bagian-bagian utama.

Konverter torsi dipasang di sisi input transmisi dan dibaut ke poros engkol flywheel. Torque converter diisi dengan oli transmisi otomatis (ATF), yang berfungsi untuk meningkatkan torsi mesin dan disalurkan ke transmisi.

Kelebihan Dan Kekurangan Transmisi Manual Dan Transmisi Otomatis

Peredam planet ditempatkan di kotak roda gigi, yang terbuat dari paduan aluminium. Roda gigi planet terdiri dari roda gigi planet yang mengubah jumlah putaran, kopling dan rem yang digerakkan oleh tekanan hidrolik (cair) untuk mengontrol pengoperasian roda gigi planet; poros untuk menyalurkan tenaga dari mesin dan bantalan untuk menghaluskan putaran setiap poros.

1. Menghasilkan berbagai rasio kecepatan untuk mendapatkan torsi dan kecepatan putar sesuai dengan kondisi berkendara dan keinginan pengemudi.

Satu set roda gigi planet adalah roda gigi yang terhubung secara seri yang terdiri dari roda gigi matahari, beberapa roda gigi pinion, pembawa yang menghubungkan roda gigi pinion ke roda gigi mahkota, dan roda gigi mahkota.

Rem menahan salah satu komponen roda gigi planet (roda gigi matahari, mahkota atau pembawa) yang dapat bergerak untuk mendapatkan rasio roda gigi yang diperlukan. Rem digerakkan oleh tekanan hidrolik. Ada dua jenis rem yaitu rem cakram basah ganda dan rem tipe pita.

Komponen Transmisi Otomatis Mobil Lengkap Beserta Fungsi Dan Gambarnya

Pada tipe rem cakram ganda, pelat dipasang pada wadah transmisi dan cakram berputar secara integral dengan setiap rangkaian roda gigi planet saling menekan untuk menjaga sebagian roda gigi planet tetap bergerak.

Pada tipe rem pita, pita rem dililitkan di sekitar drum rem yang terpasang di salah satu sisi roda gigi planet. Saat tekanan hidrolik bekerja pada piston yang bersentuhan dengan pita rem, pita rem mencengkeram tromol rem untuk menjaga bagian dari roda gigi planet tetap bergerak.

Kopling mengaktifkan konverter torsi untuk mentransfer torsi engine ke poros pemalas dan melepaskan konverter torsi dari roda gigi planet untuk menghentikan transfer torsi. Kopling tipe cakram ganda terdiri dari beberapa cakram yang disusun maju dan mundur.

Kopling diaktifkan dan dilepaskan oleh tekanan hidrolik. Kopling satu arah terdiri dari balapan dalam dan luar dengan roller atau roller ditempatkan di antara keduanya. Kopling satu arah hanya dapat mengirimkan torsi dalam satu arah.

Komponen Transmisi Mobil Manual Yang Perlu Anda Ketahui Terbaru

Sistem kontrol hidrolik terdiri dari bak mesin yang berfungsi sebagai reservoir fluida, pompa oli untuk menghasilkan tekanan hidrolik, katup yang memiliki berbagai fungsi, dan saluran fluida yang mendistribusikan oli transmisi ke kopling, rem, dan bagian transmisi lainnya. mengontrol sistem hidrolik. . Sebagian besar katup dalam sistem kontrol hidrolik terletak di rakitan badan katup di bawah roda gigi planet.

Sistem kontrol hidraulik mengubah beban engine dan kecepatan kendaraan menjadi “sinyal” hidraulik. Berdasarkan sinyal ini, tekanan hidrolik diterapkan pada kopling, rem, dan roda gigi planet untuk mengubah rasio roda gigi secara otomatis sesuai dengan kondisi berkendara. Perpindahan gigi dilakukan oleh unit kontrol hidrolik sebagai berikut.

Transmisi otomatis melakukan perpindahan naik dan turun secara otomatis. Namun ada dua koneksi yang memungkinkan pengemudi beroperasi secara manual dengan menghubungkan ke transmisi otomatis. Tautan ini adalah tuas pemilih dengan kabel dan pedal throttle dan kabel throttle.

Shifter memiliki shifter transmisi manual. Itu terhubung dengan transmisi kabel. Pengemudi dapat memilih mode maju atau mundur, netral dan parkir dengan mengoperasikan tuas ini.

Memahami Transmisi Matic Calya Dan Cara Mengemudikannya

Pada sebagian besar transmisi otomatis, mode maju terdiri dari tiga level “D” (Drive), “, 2” (Second) dan “L” (Low). Untuk alasan keselamatan, mesin hanya dapat dihidupkan pada posisi “N” (Netral) atau “P” (Parkir); karena pada posisi ini transmisi tidak dapat menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi.

Pedal akselerator dihubungkan dengan kabel ke katup throttle (sensor posisi throttle). Tingkat tekanan pada pedal gas, serta bukaan katup throttle, disalurkan ke transmisi melalui kabel ini.

Transmisi otomatis mengubah gigi naik turun tergantung pada beban mesin (bukaan katup throttle) dan pengemudi dapat menggesernya dengan menyesuaikan pedal akselerator.

Minyak mineral berbasis minyak bumi khusus yang dicampur dengan berbagai aditif digunakan untuk melumasi transmisi otomatis. Oli ini dikenal dengan nama automatic transmission fluid (ATF) untuk membedakannya dengan oli jenis lain.

Ini Komponen Transmisi Yang Terdapat Pada Mobil Manual

Transmisi otomatis harus selalu menggunakan tipe ATF yang ditentukan. Menggunakan ATF selain yang ditentukan atau menggunakan ATF campuran akan mengurangi kapasitas transmisi otomatis. Untuk memastikan transmisi otomatis berfungsi

Komponen mesin dan fungsinya, komponen kulkas dan fungsinya, komponen transmisi manual mobil dan fungsinya, komponen transmisi otomatis, fungsi komponen transmisi otomatis, nama komponen transmisi dan fungsinya, komponen transmisi dan fungsinya, komponen hvac dan fungsinya, komponen transmisi manual dan fungsinya, komponen lift dan fungsinya, komponen transmisi otomatis mobil, komponen transmisi mobil dan fungsinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like