Pembelajaran Online Di Masa Pandemi

Pembelajaran Online Di Masa Pandemi – Pengajaran daring/online dilakukan dengan sesi akademik selama pandemi COVID-19. Hal ini dilakukan berdasarkan usulan pemerintah yang mewajibkan WFH (Work from Home) yang artinya mereka akan bekerja dari rumah. Seperti halnya ASN, guru berusaha menyelesaikan mata kuliahnya secara online atau daring (daring). Namun, ada beberapa kendala yang ditemui dalam pelaksanaan proses pembelajaran daring tersebut. seperti; 1) Tidak semua siswa memiliki handphone, laptop dan komputer Android, termasuk yang berada di lokasi lain; 2) akses internet yang terbatas; 3) Internet sering bermasalah; 4) Kegiatan belajar mengajar (KBM) terbatas, karena siswa kurang memahami pelajaran; 5. Beberapa keterampilan digital guru.

Untuk memerangi wabah COVID-19, pemerintah mengeluarkan undang-undang yang mewajibkan sekolah untuk meminta siswanya belajar di rumah. Sekolah telah menerapkan metode pengajaran siswa secara daring sejak 16 Maret 2020, banyak yang meragukan efektif tidaknya pengajaran daring ini.

Pembelajaran Online Di Masa Pandemi

Corona menjadi isu yang sangat serius saat ini. Corona masih menguasai semua tempat di dunia. Dalam waktu singkat, namanya menjadi bahan berita, yang dibicarakan di sana-sini dan diliput di buku-buku dan di televisi. Maka pada tanggal 11 Maret 2020, WHO mengumumkan bahwa wabah tersebut merupakan wabah global. Ini menetapkan standar untuk diikuti banyak negara

Webinar Ft Uny: Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19

Untuk mencegah penyebaran virus corona. Di Indonesia sendiri, Undang-Undang Larangan Umum (PSBB) diberlakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Selama Indonesia menerapkan PSBB, semua operasi asing harus ditangguhkan hingga wabah berakhir.

Salah satu cara untuk memerangi penyebaran COVID-19 adalah dengan membatasi interaksi sosial yang melibatkan social distancing. Namun, prinsip pengasingan ini dapat menghambat perkembangan berbagai bidang kehidupan, baik ekonomi, sosial, maupun pendidikan. Keputusan pemerintah untuk meliburkan siswa, menerapkan kebijakan berbasis belajar mengajar di rumah dari sekolah

Virus Corona atau yang dikenal dengan Covid-19 adalah virus yang dapat merusak nafas seseorang. Parahnya, selain menyebabkan gangguan pernapasan, virus corona juga bisa menyebabkan pneumonia hingga kematian. Sudah banyak orang yang terkena virus corona, karena virus ini dapat menyebar dengan cepat dan menyebar ke berbagai belahan dunia termasuk Indonesia salah satunya.

COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh coronavirus yang baru ditemukan. Meski biasanya menyerang orang tua, virus ini bisa menyerang siapa saja mulai dari bayi, anak-anak hingga orang dewasa. Virus corona ini menyebabkan sesak napas, penyakit paru-paru parah, hingga kematian.

Home Experiment: Inovasi Pembelajaran Sains Pasca Pandemi Covid 19

2019 (COVID-19) pertama kali terdeteksi pada akhir Desember 2019 di kota Wuhan, China. Virus ini menyebar dengan sangat cepat dan hanya dalam beberapa bulan sudah menyebar ke hampir semua negara termasuk Indonesia. Maka pada tanggal 11 Maret 2020, WHO mengumumkan bahwa wabah tersebut merupakan wabah global.

Untuk mencegah penyebaran virus corona. Di Indonesia sendiri, Undang-Undang Larangan Umum (PSBB) diterapkan untuk menekan penyebaran virus. Selama Indonesia menerapkan PSBB, semua operasi luar negeri harus ditangguhkan hingga epidemi berakhir.

Beberapa pemerintah daerah telah memutuskan untuk menerapkan kebijakan penarikan siswa dan menerapkan metode pembelajaran daring (daring) atau

, kebijakan pemerintah tersebut mulai berlaku pada Senin, 16 Maret 2020, di beberapa provinsi Indonesia, disusul provinsi lainnya. Namun, hal ini tidak berlaku untuk sebagian besar sekolah di setiap kabupaten. Sekolah-sekolah ini tidak siap untuk proses pembelajaran online yang membutuhkan kursus akademik seperti

Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Di Masa Pandemi, Universitas Mulia Kembangkan Lentera

Yang berarti keberhasilan atau sesuatu yang telah dilakukan dengan baik. Kamus Ilmiah Populer mendefinisikan efisiensi sebagai kebenaran penggunaan, efisiensi, atau kontribusi untuk suatu tujuan. Menurut para ahli, kesuksesan sejati berasal dari kata “hasil” dan kata ini digunakan sebagai hubungan sebab akibat. Sukses dapat dilihat sebagai hasil dari perubahan lain. Efektivitas berarti bahwa tujuan yang direncanakan sebelumnya dapat dicapai atau dengan cara tertentu suatu tujuan tercapai sebagai hasil dari kegiatan tersebut. Ada juga ahli yang mengatakan bahwa efisiensi adalah kemampuan organisasi untuk mencapai tugas-tugasnya, tugas-tugas (tindakan, tugas, program atau misi) tanpa tekanan atau konflik antara pelaksanaannya. Saat ini juga ada ahli yang mengatakan bahwa sukses adalah komunikasi bahwa proses mencapai tujuan yang direncanakan sesuai anggaran yang direncanakan, diketahui waktu dan jumlah pegawai. Berdasarkan konsep-konsep di atas, efektivitas adalah komunikasi yang terjadi dengan cara yang spesifik dan terukur, yaitu untuk mencapai tujuan atau sasaran tertentu. Ini adalah harga tetap, waktu tetap, dan jumlah orang tetap. Jika penawaran ini berhasil, tujuan yang direncanakan akan tercapai seperti yang diinginkan.

Mengukur kinerja organisasi bukanlah hal yang sederhana, karena kinerja dapat dipelajari dengan berbagai cara tergantung siapa yang mengukur dan menafsirkannya. Ketika melihat efisiensi, manajer produksi memberikan informasi bahwa efisiensi mengacu pada kualitas dan kuantitas (output) barang dan jasa. Tingkat keberhasilan juga dapat diukur dengan membandingkan rencana yang telah ditetapkan dengan hasil aktual yang telah dicapai.

Menurut Lubis dan Hussaini (1987), mengukur efektivitas organisasi mengacu pada tiga (tiga) metode utama, yaitu: (1) metode penciptaan sumber daya (tools), misalnya mengukur kekuatan sumber daya, metode pencapaian Memprioritaskan keberhasilan proyek. organisasi. sumber daya, baik fisik maupun non fisik sesuai dengan kebutuhan organisasi; (2) sistem manajemen (management system) dan melihat bagaimana semua operasi internal bekerja atau implementasi sistematis dari struktur organisasi; dan (3) metode akses (

Ini berarti bekerja dari rumah. Seperti ASN, guru harus online atau offline (online) untuk menyelesaikan mata kuliah. Istilah pembelajaran online dan offline mengacu pada cara belajar di era teknologi informasi seperti saat ini. Seperti mengganti kata internet dengan singkatan “dalam jaringan”.

Aplikasi Pembelajaran Dengan Media Daring Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Siswa Kelas Tinggi Sdn Pakulonan 01 Tangerang Selatan

Menggunakan program pendidikan dan jejaring sosial. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang berlangsung tanpa tatap muka, melainkan melalui

Dengan menerapkan model online, siswa memiliki waktu luang untuk belajar. Siswa dapat belajar kapan saja dan dimana saja tanpa terikat oleh rantai ruang dan waktu. Siswa juga dapat berinteraksi dengan guru pada saat yang sama, seperti menggunakan

Pembelajaran online memiliki kekurangan. Siswa tidak hanya membutuhkan home support center untuk belajar, tetapi mereka juga membutuhkan koneksi internet yang memadai.

Namun, proses pembelajaran yang efektif juga sama pentingnya. Berikut adalah beberapa tips bagi siswa untuk belajar dengan baik secara online:

Home Visit, Metode Alternatif Pembelajaran Di Masa Pandemi

Jangan lupa bersosialisasi dengan orang lain termasuk keluarga di rumah dan teman sekelas di luar kelas

Mau tidak mau, metode pembelajaran online dan offline harus tetap berjalan di tengah pandemi COVID-19. Sebab, hingga virus corona usai, tidak mungkin mahasiswa bisa libur panjang. Dan kita tidak tahu kapan virus corona akan berakhir di dunia.

Metode pembelajaran daring dan online memang tidak seefektif pembelajaran di sekolah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, mengurangi waktu mengajar. Dalam banyak kasus, guru yang mengajar 4 jam di sekolah terpaksa mengajar hanya 1 jam. Hasilnya berlanjut, karena siswa mengalami kesulitan memahami sejumlah besar materi dalam waktu singkat. Juga, berurusan dengan topik yang sulit untuk dinyanyikan membutuhkan waktu lama. Solusi dari permasalahan di atas harus segera dicarikan solusinya agar pendidikan tidak menurun, berikut langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketiga permasalahan di atas.

Adapun orang tua yang kesulitan mencari uang secara online, saya pikir pemerintah harus ada bahkan menyuntikkan uang. Artinya, pemerintah tidak hanya membuat peraturan dan kebijakan pembelajaran melalui internet tetapi juga online untuk setiap sekolah. Namun, pemerintah harus tegas menyediakan anggaran khusus untuk pembelian akses internet bagi siswa yang orang tuanya tidak mampu. Begitu juga sekolah. Dukungan khusus diperlukan untuk orang tua dengan kesulitan keuangan. Terlebih bagi siswa yang orang tuanya terkena dampak Corona. Seperti dikejar-kejar perusahaan, tempat mereka menghasilkan uang. Sekolah dan staf harus menemukan cara mereka sendiri untuk membuat isi pelajaran lebih mudah dipahami oleh siswa. Anda tidak boleh memaksa siswa untuk memahami materi pembelajaran 100%, cukup 50-70%. Setidaknya mereka masih memahami mata pelajaran yang dipelajari. Dalam sistem online dan offline ini guru perlu terampil dalam mengajar siswa. Kami yakin para pendidik akan terus bersemangat dalam mengembangkan solusi pembelajaran online dan berbasis teknologi.

Efektivitas Pemanfaatan Media Online Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid 19

Beberapa guru sekolah sepakat bahwa pembelajaran daring tidak seefektif pembelajaran tatap muka, karena beberapa hal perlu dijelaskan secara langsung dan komprehensif. Selain itu, informasi yang diberikan secara online mungkin tidak dapat dipahami oleh semua siswa. Berdasarkan pengalaman dalam pengajaran daring, sistem ini efektif dalam penyampaian sesi, dan kemungkinan hasil praktik ini akan diberikan pada saat siswa masuk, sehingga kesempatan disimpan.

Melihat pengalaman beberapa guru tersebut, guru juga harus siap menggunakan teknologi sesuai dengan perkembangan zaman. Guru akan mampu mengembangkan strategi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan budaya siswa di sekolahnya. Penggunaan banyak program pembelajaran online sangat membantu para guru dalam kursus ini. Guru harus beradaptasi dengan pengajaran menggunakan alat online yang kompleks yang harus efektif, dapat diakses, dan dimengerti oleh siswa. Pendidik perlu merancang dan menciptakan pembelajaran daring yang mudah dan efektif dengan menggunakan sarana daring atau media yang tepat dan sesuai dengan konten yang diajarkan. Meskipun pengajaran daring akan memberikan banyak kesempatan untuk mengeksplorasi apa yang perlu diajarkan, guru harus memilih dan membatasi jumlah pembelajaran dan penggunaan bahan dan metode pembelajaran yang tepat untuk digunakan.

Itu tidak masalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like