Strategi Pemasaran Umkm Di Masa Pandemi

Strategi Pemasaran Umkm Di Masa Pandemi – Indonesia adalah produsen dan konsumen kopi terbesar di dunia. Karena kebiasaan masyarakat Indonesia meminum kopi untuk merayakan nilai kerjasama dan mempererat persatuan dan persahabatan. Peminum kopi semakin meningkat di Indonesia dan kehadiran kedai kopi modern di Indonesia juga semakin berkembang dengan tren ini. Namun, penyebaran covid-19 dan kebijakan (penerapan PSBB) yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi penyebaran wabah tersebut telah menyebabkan kerusakan serius pada industri kopi, khususnya industri penjual kopi. Namun merintis kedai kopi baru yang menggunakan strategi pemasaran digital berpotensi menjadi solusi dari permasalahan saat ini. Usaha yang dipilih sebagai fokus kajian adalah Morphy Coffee yang didirikan oleh mahasiswa IKB LSPR dan terdampak pandemi Covid-19; Morphy Coffee terpaksa menutup tokonya dan mengubah model bisnisnya untuk fokus pada pemasaran digital dari tahun 2020 hingga sekarang untuk menghadapi tantangan pandemi. Inilah mengapa kopi morfin dipandang sebagai fokus penelitian. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma interpretatif dan menggunakan 7 integrasi pemasaran dan SWOT. Hasil kajian menunjukkan bahwa meskipun Morphy Coffee tidak sepenuhnya menerapkan pemasaran digital, Morphy Coffee dapat meningkatkan strategi pemasaran digitalnya, Morphy Coffee dapat memiliki model bisnis yang berkelanjutan di tengah wabah.

Agustin, M., dan Prasetyawati, Y.R. (2020). Dampak kualitas informasi dan kata elektronik pada citra rumah di Instagram. Humas, 5(1), 82-97. https://doi.org/10.24198/prh.v5i1.23966

Strategi Pemasaran Umkm Di Masa Pandemi

Gamma, M.A. (2018) Strategi Pemasaran Kopi Tijangkir 13. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 7(2), 148-153.

Strategi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (umkm) Bertahan Pada Kondisi Pandemik Covid 19 Di Indonesia

Hamida, N.A. & Haqi, M.S. (2019) Strategi pemasaran dan analisis SWOT sebagai pengembangan bisnis toko: tinjauan literatur dan desain bisnis untuk kafe yang merugi. Margin Eco: Jurnal Bisnis dan Pengembangan Bisnis, 3(2), 14-29

Hendrawan, A., Sukhayowati, H., Kahyandi, K., Indriani, dan Rayendra, A. (2019). Dampak Digital Marketing Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri Kecamatan Bantasari Silacap. Jurnal Manajemen dan Kesekretariatan, 4(1), 53—60.

Keller, K.L. (2008). Manajemen Merek Strategis: Membangun, Mengukur, dan Mengelola Ekuitas Merek (edisi ke-3). Pearson Prentice Hall, Inc.

Nasihin, M.A., Subbagyo, S.E.F., Erfariani, S.A., dan Farida, S.N. (2020) Strategi Bisnis Formal Baru Kedai Kopi di Surabaya: Studi Kasus Baby Coffee Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 13 (2), 76-78.

Strategi Pemasaran Umkm Di Saat Pandemi Covid 19 Dengan Penerapan E Marketing Untuk Menjaga Keberlanjutan Usaha

Octaviani, F. dan Rustandi, D. (2018) Praktik Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Humas, 3(1), 1-20 https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Rafia, K.K. (2020) Evaluasi strategi pemasaran yang efektif bagi UMKM kedai kopi di masa pandemi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan, 16(2), 30-38.

Sodarsono, D.K., Muhammad, B., Adamu, A.A., and Praditha, K.A. (2020). Manajemen komunikasi pemasaran digital kedai kopi menggunakan Instagram. Jurnal Internasional Teknologi Seluler Interaktif, 14(5), 108-118.

Aditya, S., dan Jaya, M.P.P. (2021). Strategi Digital Marketing Produk Minuman Kopi Saat Pandemi. Riset Bisnis dan Pariwisata, 1(1), 37–46. https://doi.org/10.37535/104001120213 Strategi Digital Marketing UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Bersaing di Era Pandemi Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Bersaing di Era Pandemi.

Pengembangan Umkm Digital Di Masa Pandemi Covid 19

Pandemi Covid-19 berdampak besar pada pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Mereka harus memikirkan cara terbaik untuk bertahan hidup. Salah satu strategi terpenting di masa pandemi ini adalah strategi.

Mengkaji strategi digital marketing UMKM untuk bersaing di era pandemi ini menggunakan metode kualitatif dan metode analisis deskriptif. Penelitian deskriptif adalah pengumpulan data berdasarkan keadaan yang mendukung tujuan penelitian. Penelitian kualitatif mencakup gagasan, cara pandang, pendapat, keyakinan orang-orang yang diteliti dan tidak semuanya dapat dikuantifikasi.

Ananda, A. dan Sushilovati, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis Industri Kreatif di Mala. Jurnal Ekonomi, X(X), 120-142.

Mulai, H (2020). Urgensi Penggunaan E-Marketing Dalam Keberlanjutan Umkim di Kota Pekalongtan Di Tengah Dampak Covid-19. Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14 https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342

Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (umkm) Di Era Pandemi Covid 19 (studi Pada Umkm Gerbang Ranomeeto

Hardilawati, W.Laura. (2020) Strategi Survival UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomi, 10 (1), 89-98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Catherine, K., & Vannell, Z. (2020). Strategi komunikasi pemasaran digital marketing platform (Cashbac) untuk meningkatkan daya beli konsumen. Sumber: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 14. https://doi.org/10.35308/source.v6i1.1753

Maskarto, L.N.R. (2021). Implementasi Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi IKRA-ITH, 4(1), 122-127.

Maulidasari, C.D. dan Damrus, D. (2020). Dampak belanja online di era covid-19. Jurnal Studi Strategi Bisnis dan Manajemen, 4(2), 233-245. http://jurnal.utu.ac.id/jbkan/article/view/2620

Strategi Pemasaran Untuk Penguatan Daya Saing Usaha Kecil Dan Menengah (ukm) Sambel Instan Pasca Pandemi Covid 19 (studi Kasus Cv Progressive Gresik)

Mustika, M. (2019) Pemanfaatan Teknologi Digital Marketing untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Tull Snacks. JSAI (Journal of Science and Applied Informatics), 2(2), 165–171. https://doi.org/10.36085/jsai.v2i2.352

Narto, N., dan HM, G.B. (2020). Penguatan strategi pemasaran Pudak di tengah pandemi Covid-19 untuk meningkatkan daya saing UKM Yunani. Jurnal Teknik Industri INTECH, Universitas Serang Raya, 6(1), 48–54 https://doi.org/10.30656/intech.v6i1.2195

Purwana, D., Rahmi, R., dan Aditya, S. (2017) Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pembangunan Masyarakat Sipil (JPMM), 1(1), 1-17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Santoso, R. (2020). Kajian Keberlanjutan Bisnis Digital Marketing dan E-Commerce di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19 Peta yang dikenal dengan Virus Corona atau Covid-19 ini telah berubah perilakunya selama periode yang paling terdampak. Ribuan UKM tumbuh. Jurnal Ekonomi Terapan, 5(2), 36–48 https://e-journal.unair.ac.id/JIET

Upaya Peningkatan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (umkm) Di Kota Medan Di Masa Pandemi Covid 19

Sari, S.P. (2020). Strategi meningkatkan penjualan di era digital. Jurnal Ilmu Reflektif: Ekonomi, Akuntansi, Administrasi Bisnis, 3 (3), 291-300. https://doi.org/10.5281/zenodo.3930698

Sedyastuti, K. (2018). Analisis pemberdayaan UMKM dan peningkatan daya saing di kancah pasar global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65

Sulaksono, J. (2020). Peran Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Tales Kabupaten Kediri. Jurnal Generasi, 4(1), 41–47 https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Suswanto, P., dan Sethiawati, S.D. (2020). Timeline Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Di Tengah Pandemi Covid-19 di Indonesia: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16–29 http://52.221.78.156/index.php/linimasa/article/view/2754

Kementerian Badan Usaha Milik Negara

Wella, S.F., & Ketua, C. (2020). Sustainability Practices sebagai Alat Pemasaran di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Muara, 4(2), 343. https://doi.org/10.24912/jmieb.v4i2.8284 Strategi Pemasaran UMKM Agar Bertahan dan Berkembang di Masa Pandemi Covid-19 (Studi di Desa Tawang, Watts Kabupaten) Provinsi Kadiri

Wabah Covid-19 di berbagai negara, termasuk Indonesia, membuat sektor tersebut sangat terpuruk, terutama aktivitas UKM. Pemerintah saat ini sedang melaksanakan PPKM (Penegakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Indonesia) di Pulau Jawa dan Bali. Jawa Timur adalah salah satu kebijakan ketat PPKM. Penerapan PPKM telah menghambat aktivitas perdagangan masyarakat dengan menutup hampir semua pintu masuk dan keluar yang dulunya banyak pedagang berjualan, namun kini terpaksa ditutup karena PPKM. UKM, atau usaha kecil, kecil, dan menengah yang jelas terpengaruh seperti yang biasa kita sebut, pasti akan mengalami penurunan pendapatan. Sejumlah kecil UMKM terpaksa berhenti berjualan akibat dampak Covid-19. Terlepas dari dampak Covid-19, strategi pemasaran harus diterapkan oleh semua UMKM untuk memastikan pendapatan yang stabil untuk produk mereka. Beberapa UMKM tetap menjalankan usahanya dan memiliki pendapatan yang stabil selama pandemi Covid-19. Walaupun saat ini sedang terjadi wabah covid-19, UMKM harus tetap eksis dan berkembang selama ini, harus ada inovasi baru atau penemuan baru agar UMKM yang ada dapat terus berkembang dan bertahan dari wabah covid saat ini. -19 pandemi.

Azizah, panjang umur. Des 2020. Strategi UMKM untuk meningkatkan perekonomian di masa pandemi Covid-19 di era new normal. Jurnal Ekonomi, Vol. 5, tidak. 1.

Arianto, Bambang Desember 2020. Pertumbuhan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 6, tidak. 2.

Hal Yang Ukm Perlu Pahami Untuk Meningkatkan Akses Pasar

Januar, Masnia Mahardi Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Optik Marlin Cabang Jamber. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, Vol. 3, tidak. 1.

Wibowo, Dimas Hendika. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Bati Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 29, tidak. 1.

Rosmadi, Mascarto Lucky Nara. Maret 2021. Menerapkan Strategi Bisnis Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi IKRA-ITH, Vol. 4, tidak. 1. Indonesia adalah negara yang paling parah terkena penyakit Covid-19 di Asia Tenggara, dengan total 1,73 juta infeksi dan 47.823 kematian (Covid Task Force, 2021). Dampak Covid-19 tidak hanya pada dunia kesehatan tetapi juga berdampak pada ekonomi. Di tahun Pada tahun 2020, ekonomi Indonesia menyusut 2,07% (year-on-year) dibandingkan tahun 2019. Meskipun pada triwulan III tahun 2020, paragraf 3, Indonesia mengalami penurunan sebesar 3,49% (year-on-year). kuartal ke-2. Akan ada penurunan pada tahun 2020 dibandingkan tahun 2019. Dari sisi produksi, penurunan pertumbuhan paling besar terjadi pada sektor pengangkutan dan pergudangan sebesar 15,04 persen. Sedangkan dari segi pengeluaran hampir semuanya ditandatangani, barang dan jasa merupakan komponen ekspor yang mengalami penurunan cukup dalam sebesar 7,70%. Sementara itu, faktor negatif impor barang dan jasa mengalami penurunan sebesar 14,71% (BPS, 2020).

UKM termasuk yang paling terpukul dampak pandemi Covid-19. Hal ini disebabkan adanya kebijakan pembatasan physical distancing dan aktivitas di luar ruangan sebagai pencegahan utama Covid-19. Salah satu parameter yang bisa dijadikan indeks adalah konsumsi rumah tangga atau daya beli yang menopang 60 persen perekonomian mengalami penurunan cukup signifikan. Ini turun dari 5,02 persen menjadi 2,84 persen pada kuartal pertama 2019, data dari BPS menunjukkan. UKM di sektor pariwisata juga sangat terdampak oleh pandemi Covid-19. Angka-angka ini. Turis telah menurun secara signifikan.. Sektor pendukung pariwisata yaitu

Peningkatan Strategi Penjualan Umkm Melalui Pemasaran Digital Setelah Masa Pandemi Covid 19 Pada Depot Irama Cakra Barat Mataram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like