
Strategi Marketing Di Era Digital – Ada berbagai strategi pemasaran produk. Jika Anda menggunakan pemasaran biasa, segera beralih ke iklan menggunakan teknik pemasaran digital. Waktu terus berjalan dan sekarang segalanya menjadi lebih baik
Tidak cukup jika hanya mengandalkan pemasaran biasa atau offline. Anda juga membutuhkan pemasaran online. Anda perlu mengembangkan strategi pemasaran di era digital untuk mendukung bisnis Anda agar lebih banyak orang mengetahuinya dan menarik calon pelanggan.
Strategi adalah rencana tindakan atau kebijakan yang dirancang untuk mencapai tujuan utama. Ini berarti bahwa strategi pemasaran digital harus menyelesaikan masalah dan mencapai suatu tujuan.
Salah satu strategi pemasaran produk yang paling penting adalah memahami target pasar Anda, yaitu orang-orang yang termasuk dalam target penjualan produk. Anda dapat menentukan ini dengan melihat demografi, geografi, usia, dan lainnya.
Produk skin care yang tersedia seharga Rp 350.000. Jadi target pasarnya adalah masyarakat dengan status ekonomi menengah ke atas, ibu rumah tangga dan mahasiswa.
Mengapa menetapkan tujuan ekonomi jangka panjang? Karena skin care ingredients berbeda dengan skin care pada umumnya, proses riset memakan waktu bertahun-tahun dan desain kemasan yang ekslusif. Sehingga harga produk Anda sedikit lebih mahal dari produk perawatan kulit pada umumnya.
Media sosial adalah salah satu strategi pemasaran digital yang paling efektif untuk memasarkan bisnis Anda karena proses pertukaran informasi sangat cepat dan hampir semua orang memiliki media sosial.
Anda menjual produk vitamin. Kemudian target pasar Anda adalah anak muda berusia antara 18 hingga 35 tahun. Anda bisa menjualnya melalui jejaring sosial apa pun. Tentunya dengan menyesuaikan kemasan iklan Anda agar sesuai dengan target pasar Anda.
Karena tujuannya adalah remaja, gunakanlah bahasa remaja. Anda bisa menggunakan slogan-slogan atau hal-hal yang digunakan anak muda saat ini.
Apakah Anda memposting gambar produk vitamin Anda secara langsung? Dengan judul deskripsi to the point tentang manfaat vitamin, harga dan lainnya.
Apakah Anda serius mengiklankan suatu produk. Misalnya dengan memposting tentang gaya hidup sehat, pentingnya pola makan seimbang dan perlunya menyeimbangkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi vitamin. Jual vitamin Anda sendiri.
Jika media sosial bisa menjadi bentuk pemasaran gratis, itu juga bisa dibayar. Yaitu penggunaan Paid Ads atau iklan berbayar. Anda dapat menggunakan iklan berbayar dengan Google Ads, Twitter Ads, dan Facebook atau Instagram Ads.
Anda dapat menyesuaikan iklan Anda dengan target pasar Anda dan mendapatkan hasil yang terukur setiap hari. Iklan berbayar adalah cara untuk menarik pengguna instan. Tentunya dengan membayar kebutuhan periklanan Anda.
Masyarakat juga menyukai konten video karena lebih interaktif dengan gambar bergerak dan mendukung musik. Anda dapat membuat video pendek berdurasi 1 hingga 2 menit dan mempostingnya di media sosial. Jadilah sekreatif mungkin.
Jika video tersebut untuk story di Facebook, Twitter, Instagram atau Tiktok maka buatlah video sesingkat mungkin dalam waktu 15 detik. Atur paket dan rangkum semua yang Anda butuhkan untuk mempresentasikan melalui video saat itu.
Jika videonya ada di postingan berita, Anda bisa melakukannya dalam 1-2 menit. Ingatlah untuk membuat video yang tidak ada duanya di sekitar hutan.
Untuk video Tiktok, Anda dapat mengemas video yang hanya berdurasi 30 detik, karena Tik Tok memperkirakan berapa banyak orang yang menonton video Anda hingga selesai. Semakin banyak orang menontonnya hingga selesai, semakin banyak FYP (halaman untuk Anda) yang akan diakses oleh konten Anda.
Sedangkan jika ingin membuat konten video di Youtube dipersingkat menjadi sekitar 5 menit saja karena masih cepat.
Website atau blog adalah website yang dapat Anda gunakan untuk melengkapinya dengan informasi yang berkaitan dengan bisnis Anda. Melalui website, Anda bisa mengedukasi calon pelanggan agar mereka tahu tentang bisnis Anda dan tertarik untuk menggunakannya.
Kemudian Anda juga bisa menggunakan SEO atau Search Engine Optimization. Sebutkan cara mengoptimasi website anda di mesin pencari seperti Google agar artikel atau website anda berada di peringkat pertama di pencarian Google.
Anda menjual produk vitamin C yang mengandung glutathione. Kemudian ada yang mengetik “jual vitamin C glutathione di Jakarta” melalui kata kunci Google. Kemudian Anda menggunakan teknik SEO untuk meningkatkan penjualan Anda. Produk vitamin dan website Anda akan muncul di bagian atas halaman pencarian Google.
Namun, strategi SEO ini membutuhkan banyak usaha dan sangat kompetitif. Anda bisa belajar pelan-pelan atau menggunakan jasa ahlinya.
Saat Anda melakukan digital marketing, jangan lupa untuk mengukur dan mengevaluasi hasil kerja Anda. Dari awal saat Anda memulai pemasaran hingga akhir proses.
Hal ini penting untuk bahan analisis tambahan agar Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kinerja pemasaran Anda di masa mendatang.
Anda memposting produk Anda di media sosial setiap hari, tetapi mengapa penggunanya masih sedikit, Anda perlu tahu alasannya.
Misalnya karena gambarnya tidak menarik warnanya, desainnya tidak sesuai, atau judulnya tidak menarik netizen untuk membeli produk Anda.
Itulah tujuh strategi pemasaran di era digital. Sekarang saya akan memberi tahu Anda dua studi kasus sebagai contoh.
Misalkan Anda menjual produk kopi sehat dengan bahan khusus dan memasarkannya di media sosial. Tapi Anda merasa itu tidak berhasil.
Karena anda ingin pelacak akun toko online anda bertambah 1x tapi jumlahnya tidak bertambah. Saat Anda memposting sesuatu di media sosial, sangat sedikit orang yang menanggapi postingan Anda.
Artinya, tujuan yang ingin dicapai di sini harus terukur dan jelas dari waktu ke waktu. Contoh: Pertumbuhan pengikut meningkat sebesar 10% dalam 1 bulan.
Kemudian periksa kembali konsistensi posting Anda. Membedakan antara posting yang baik dan buruk. Buang yang jelek dan jangan dipakai lagi untuk bulan depan.
Misalkan data menunjukkan bahwa sebagian besar pengikut Anda adalah wanita. Kemudian Anda bisa melihat kebiasaan pengikut Anda. Mereka suka minum kopi dan memiliki gaya hidup sehat, mereka ingin mencari kopi rendah gula.
Asumsikan bahwa studi kasus saat ini tidak dalam epidemi. Anda berada di restoran yang sibuk. Pengunjung pria rata-rata berusia 20 hingga 40 tahun. Mereka ingin berbicara tentang pekerjaan, sepak bola, investasi, klub bersepeda, dan banyak lagi.
Kemudian, saat Anda dan teman Anda membicarakan tentang klub sepak bola favorit Anda, seorang penjual Vitamin A bergabung dengan teman-teman Anda. Penjual akan memberi Anda barang asli karena dia tidak ingin merusak citranya sendiri.
Bahkan jika Anda dan teman Anda tidak tertarik sama sekali. Dan karena Anda tidak tahu, Anda mengabaikan penjualan itu. Dan Sales A juga gagal mempromosikan produk vitaminnya.
Keesokan harinya, seseorang datang untuk menjual vitamin B. Dia pergi denganmu dan temanmu, tapi dia tidak menjual. Dia memantau percakapan Anda tentang klub sepak bola, kaus terbaru, skor pertandingan terbaru, dan hal-hal lain yang menarik bagi Anda.
Setelah mempelajari model Sales B, mulailah mengusahakan gaya hidup sehat, bersepeda dan multivitamin agar tubuh tidak cepat lelah. Perlahan tapi pasti, Anda dan teman Anda akhirnya tertarik dan mengubah hubungan dengannya.
Secara keseluruhan, dengan memahami target pasar Anda, penceritaan interaktif dua arah, dan pendidikan, Anda dapat memperoleh minat. Dengan pemasaran digital, Anda dapat mengiklankan penjualan Anda. Namun Anda juga perlu bergantian dengan informasi lain yang menarik bagi target pasar Anda agar tidak bosan.
Dengan konten, Anda perlu menentukan target pasar Anda, kemudian menentukan strategi pemasaran digital, kemudian mencari banyak referensi dari pesaing dan menemukan saluran pemasaran yang tepat (melalui media sosial, situs web, dll.), Daftar pertanyaan yang sering diajukan. pelanggan kami tentang layanan model kerjasama untuk informasi umum lainnya tentang.
Ini adalah rumah bagi salah satu program kepatuhan terbaik di Indonesia. Itu juga merupakan perusahaan konsultan TI yang menyediakan layanan pengembangan perangkat lunak, pemeliharaan situs web, pengembangan perangkat lunak dan TI. Dimulai tahun 2013 dengan klien Australia dan melebarkan sayap ke negara lain, hingga tahun 2017 mulai mengerjakan berbagai proyek digital untuk perusahaan Indonesia.
Era digital dan pasar bebas berperan penting dalam mempercepat laju bisnis saat ini. Bagi perusahaan sendiri, hal tersebut merupakan peluang sekaligus tantangan besar untuk mengembangkan usahanya.
Kenapa disebut tantangan? Karena secara tidak langsung, perusahaan akan terus “tuntutan” untuk terus berinovasi baik produk maupun strategi pemasaran untuk mengembangkan bisnis Peacock agar bisnisnya dapat terus berkembang di tengah ketatnya persaingan bisnis saat ini.
Era digital dan pasar bebas telah mempengaruhi tren sosial, tampaknya orang didorong untuk mengubah minat dan sikap mereka, terutama sikap mereka terhadap belanja.
Perubahan ini tercermin dalam data yang dirilis oleh HootSuite dan We Are Social. Menurut detik.com, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pada Januari 2021. Dibandingkan jumlah pengguna internet pada 2020, meningkat sekitar 15,5% atau lebih dari 27 juta. Dalam 12 bulan terakhir.
Tidak hanya pengguna internet di Indonesia yang terus bertambah, jumlah perangkat mobile yang terkoneksi ke internet juga meningkat drastis menjadi 345,3 juta. Dengan 170 juta pengguna aktif media sosial di berbagai platform, meningkat 10 juta dari periode sebelumnya.
Apalagi rata-rata pengguna internet Indonesia bisa menghabiskan waktu hingga 8 jam 52 menit untuk mengakses internet, bermain media sosial sekitar 3 jam 14 menit, streaming 2 jam 50 menit dan menghabiskan waktu sekitar 1 jam 38 menit di media Baca saja.
Hal itu membuat banyak perusahaan melakukan perubahan digital dalam bisnis yang mereka lakukan. Tujuannya jelas untuk memperluas pangsa pasar mereka dan mempertahankan kehadiran mereka di dunia bisnis.
Ada beberapa strategi pemasaran produk digital yang biasa digunakan perusahaan untuk mendongkrak bisnis pemasaran digitalnya, antara lain sebagai berikut:
, SEO adalah salah satu teknik pemasaran produk yang paling populer dan sering diadopsi oleh banyak perusahaan. SEO dianggap sebagai strategi yang efektif.