Perkembangan Pendidikan Di Indonesia Dari Masa Ke Masa

Perkembangan Pendidikan Di Indonesia Dari Masa Ke Masa – Sejarah pendidikan di Indonesia diawali dengan didirikannya sekolah agama Kristen di Maluku oleh Portugis. M.C Ricklefs menjelaskan dalam “Modern History of Indonesia” bahwa kedatangan Portugis hanya untuk berdagang. Namun, ternyata ada tujuan untuk menyebarkan agama Kristen dan kekuatannya.

Orang Portugis adalah orang Eropa pertama yang mengunjungi Nusantara, Kepulauan Maluku, pada tahun 1552. Orang Portugis sangat cerdas, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Perkembangan Pendidikan Di Indonesia Dari Masa Ke Masa

Kerajaan Tidore menyambut kedatangan Portugis di Maluku. Kerajaan Tidore juga bergabung dengan Portugal untuk mengalahkan minoritas Maluku yang bersengketa dengan kerajaan. Portugis akhirnya menaklukkan Maluku dan mengembangkan kebijakan yang mencakup pendidikan.

Jual Buku Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan Lembaga Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia Karya Abuddin Nata

Sejarah mencatat, ketika Portugis datang ke Maluku, sistem pendidikan Indonesia banyak dipengaruhi oleh agama dunia seperti Kristen. Dalam misinya mengarungi dunia, Portugal memiliki semangat 3G, Gold (mengejar kekayaan), Glory (mengejar kejayaan) dan Gospel (penyebaran agama).

Menurut “Pendidikan Indonesia dari Zaman ke Zaman” (1979: 37), menjelaskan semangat Injil merupakan misi terpenting bangsa Portugis di Nusantara. Misi Injil adalah misi yang paling mulia, sehingga harus berhasil.

Menurut hasil penelitian (1979) tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Indonesia, sistem pendidikan pada zaman Portugis ketika mereka berkunjung ke Maluku adalah berupa sekolah dakwah untuk menyebarkan agama Katolik. Inilah awal sejarah pendidikan Indonesia.

Abu Ahmad dalam “Sejarah Pendidikan”. (1975: 16), “Setelah Portugis memerintah atau menaklukkan daerah itu, langkah pertama adalah mengubah penduduk setempat menjadi Katolik.”

Makalah Tentang Pertumbuhan Dan Perkembangan Pendidikan Islam Di Indonesia

Pada tahun 1536, pemimpin Portugis Antonio Galvano (saat itu) mendirikan seminari pertama untuk anak-anak elit pribumi Maluku.

Kurikulum pendidikan Portugis pada saat itu terdiri dari pelajaran agama Katolik, membaca dan menulis, serta matematika. Selain Kepulauan Maluku, Solor juga memiliki sekolah dengan 50 siswa.

Dalam perkembangannya, dari tahun 1506 hingga 1552, tokoh Kristen Franciscus Xaverius juga mengatakan bahwa penyebaran agama Kristen akan membutuhkan pendirian banyak sekolah.

Pada tahun 1536 ia mendirikan Seminari Ternate, sebuah sekolah elit. Portugis menamai Goa untuk pendidikan tinggi, tetapi juga merupakan pusat kekuasaan Portugis.

Jual Dinamika Perkembangan Pendidikan Islam Di Indonesia

Pada tahun 1602, mitra dagang India VOC (Verenigde Oostindie Compagnie) lahir. Kelahiran VOC mengubah kekuasaan Portugis. Elemen sistem pendidikan Maluku warisan Portugis juga hilang. Holland juga kurang peduli dengan pengajaran dalam semangat Injil.

Ary Gunawan dalam bukunya Educational Policy in Indonesia (1986: 9) mengemukakan bahwa Belanda lebih mementingkan ekonomi. Saat berkuasa, Belanda juga melupakan agama. Kegiatan utama orang Belanda adalah berdagang dan mencari keuntungan dari rempah-rempah Indonesia. Saya bukan seorang misionaris, semacam penginjilan ala Portugis.

Inilah kisah pendidikan Indonesia pada zaman Portugis dan patut untuk dipahami. Ini merupakan pertimbangan penting dalam mengkaji sejarah kolonial. (Erik/R9/HR-Online) Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau, dimana hanya sekitar 7.000 yang berpenghuni. Secara astronomis, Indonesia berbatasan dengan dua benua, Asia dan Australia, serta dua samudra, yaitu samudra Hindia dan Pasifik. Indonesia terkenal memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah di setiap daerah. Dengan demikian, Indonesia kuno menjadi sasaran banyak negara barat hanya untuk menguasai dan memperbudak produk rempah-rempah. Beberapa dari mereka adalah Portugis, Belanda, Inggris, Jepang. Sejak sebelum kemerdekaan hingga saat ini, kita tidak asing dengan kata pendidikan. Namun, pendidikan di provinsi Indonesia kuno sangat buruk. Tidak semua orang Indonesia memiliki akses ke tingkat pendidikan yang memadai. Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan terpenting yang dimiliki individu dalam membentuk karakter suatu bangsa. Oleh karena itu, kita orang Indonesia yang hidup di zaman modern ini patut bersyukur karena segala sesuatunya telah banyak mengalami perubahan. Beberapa catatan tentang sejarah pendidikan di Indonesia, mulai pendidikan Portugis, Belanda, dan Jepang (kolonial). masa kemerdekaan; tatanan baru untuk reformasi. Tujuan setiap periode pendidikan sama, tetapi sistem penerapannya berbeda. Artikel ini menjelaskan bagaimana sejarah pendidikan terkadang dapat membentuk karakter suatu bangsa sehingga kita bangsa Indonesia di zaman modern ini tetap dapat mensyukuri dan memanfaatkan kemajuan teknologi secara maksimal. ke arah yang lebih positif. Kita harus bisa menyeleksi semua pelajaran dan pemahaman yang terkandung dalam penciptaan pendidikan masa lampau.

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk dapat berproses dan berinteraksi dengan seluruh masyarakat di sekitar kita dan dunia luar. Pendidikan juga merupakan salah satu bekal terpenting untuk masa depan. Kita mengenal pendidikan dari sebelum kemerdekaan Indonesia hingga sekarang. Pendidikan merupakan salah satu hal utama yang harus diperhatikan. Karena pendidikan dapat membentuk karakter seseorang jika benar-benar diikuti. Pendidikan adalah proses dimana sekelompok orang mempelajari moral, pengetahuan dan keterampilan yang merupakan kebiasaan genetik untuk pengajaran, observasi, pelatihan atau penelitian. Menurut undang-undang Republik Indonesia No. 1 Ayat 1 Sisdiknas tanggal 20 tahun 2003, konsep pendidikan adalah agar peserta didik memiliki jiwa keagamaan, disiplin diri, budi pekerti, kecerdasan, akhlak mulia, dan akhlak mulia. Kepribadian dan keterampilan yang dibutuhkan bagi diri, masyarakat, bangsa dan bangsa (diambil dari website https://keInstitutionan.ristekdikti.go.id, diakses pada 15 Oktober 2019, akses 07.55 WIB). Secara langsung atau tidak langsung, pendidikan memberi kita pengetahuan baru, membentuk kepribadian yang lebih baik dan memudahkan kita untuk memulai karir masa depan kita.

Perkembangan Pendidikan Indonesia Dari Zaman D

Menurut salah satu diagram, M.J. Langeveld (1980), pendidikan adalah usaha sengaja yang dilakukan oleh seseorang yang sudah dewasa, terutama untuk membantu anak yang belum dewasa menjadi dewasa (halaman https://www.academia.edu). Diakses 3 Desember 2019 pukul 21.23 WIB). Sejarah pendidikan mencatat bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan kualitas pendidikan yang paling rendah dibandingkan dengan negara lain, namun upaya pemerataan sistem pendidikan telah dilakukan dan diyakini semakin meningkat (Jakarta, CNN Indonesia). Pendidikan umum pada saat ini sudah dapat dipraktikkan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Pendidikan ini biasa kita kenal dengan kata “sekolah”. Ini adalah salah satu pendidikan formal di Indonesia. Hampir semua sistem pendidikan menggunakan komputer/laptop, LCD proyektor,

, Wi-Fi dll. Berbeda dengan pendidikan sebelum kemerdekaan, dimulai dengan pendidikan Portugis, Belanda dan Jepang (kolonial), masa kemerdekaan; orde baru untuk reformasi. Dikatakan bahwa pendidikan kolonial (sebelum kemerdekaan) menghalangi semua orang Indonesia untuk mendapatkan tingkat pendidikan yang baik, hanya sebagian orang Indonesia. Jadi selagi masih ada kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi, kita harus bisa memanfaatkannya sebaik mungkin dan merubah masa depan kita.

Metode atau prosedur yang dilakukan dalam penyusunan artikel ini adalah dengan menggunakan survei/penelitian kepustakaan Kodifikasi selanjutnya meliputi e-book, jurnal, artikel, paper, laporan penelitian terdahulu, karya ilmiah, ensiklopedi, internet dan sumber informasi lainnya . . Dalam menyiapkan artikel ini, kami juga memiliki sistem untuk mengumpulkan semua informasi otoritatif (dan relevan) tentang topik yang ditentukan oleh diskusi sebelumnya. Metode penelitian kepustakaan ini dilakukan dengan cara meneliti dan membaca beberapa literatur yang berkaitan dengan topik permasalahan yang dibahas dalam artikel.

Pendidikan sangat penting karena merupakan salah satu faktor yang menentukan masa depan seseorang. Tentunya dengan menyusun visi dan misi yang jelas di dalam institusi, kita dapat memastikan bahwa institusi membentuk karakter individu yang belajar di sana, memungkinkan mereka menjadi lebih baik dan lebih bertanggung jawab kepada orang-orang di sekitarnya. Visi dan misi pendidikan harus jelas dan tanggap terhadap persoalan bangsa. Oleh karena itu, jika terjadi perubahan subsistem pendidikan dalam pendidikan, hal itu wajar saja. Sesuai dengan kebutuhan pendidikan pada zaman dan tempat. Pendidikan saat ini harus tetap berfungsi dengan baik, memiliki landasan visi dan misi yang jelas, serta siap menghadapi tantangan masa depan. Pendidikan di Indonesia telah ada sejak sebelum dan sesudah kemerdekaan. Pertama, ajaran agama menjadi dasar pendidikan: pendidikan agama Hindu-Budha, pendidikan agama Islam, dan pendidikan agama Kristen Katolik dan Protestan. Kedua, kepentingan kolonial menjadi dasar pendidikan, seperti pendidikan pada zaman Portugis, pendidikan pada zaman Belanda (VOC) dan pendidikan pada zaman Jepang. Ketiga adalah pendidikan pada masa kemerdekaan. Keempat, pendidikan di era Orde Baru. Kelima, pendidikan pada masa reformasi.

Seminar Nasional Perkembangan Keilmuan Dan Penguatan Kelembagaan Teknologi Pendidikan Di Indonesia, Kini Dan Masa Mendatang

Sistem pendidikan sejak awal perkembangan agama Hindu Budha di Indonesia sangat ketat beragama. Praktik pendidikan agama Hindu Buddha terletak dalam kesendirian. Ajaran Hindu dan Budha ini merupakan model pendidikan praktis pada masa kerajaan Hindu dan Budha Kutai (Kalimantan), Tarumanegara, Majapahit (Jawa), Sriwijaya (Bali dan Sumatera). Brahmana pada zaman Hindu-Buddha adalah orang yang memberikan pendidikan dan pengajaran. Oleh karena itu perlu diperhatikan bahwa sistem kasta yang diterapkan di india tidak seketat sistem kasta di India. Beberapa materi yang dipelajari ketika pendidikan agama Hindu dan Budha dikembangkan adalah teologi (ilmu agama), bahasa dan sastra (keterampilan), ilmu sosial (ilmu sosial), ilmu eksakta (astrologi), ada yang namanya eksakta. (perhitungan waktu). , seni arsitektur, seni) dll.

Pada perkembangan pendidikan agama Hindu dan Buddha tahap akhir, model pembelajaran yang dikembangkan oleh guru soliter tidak lagi kompleks, dengan jumlah siswa yang relatif terbatas dan bobot materi ajar agama dan spiritual. Itu tidak besar. . Alam. Selain belajar belajar, siswa juga kesepian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like