Oli Transmisi Ertiga Manual 2013 – Saat ini di pasaran banyak beredar oli transmisi manual yang di distribusikan dan dijual baik di toko online maupun di toko fisik seperti Atrium, Pasar Mobil Kemayoran, BSD Auto Parts Center, serta Harapan Indah, Bekasi. Hal ini sontak membuat bingung Anda sebagai pemilik mobil, oli gear mana yang cocok untuk mobil kesayangan Anda. Apakah oli bagus untuk transmisi atau mesin, semakin mahal semakin bagus? Sebagai situs teknik otomotif nomor satu di Indonesia, saya tertarik untuk melihatnya. Ada banyak oli transmisi di pasaran, mana yang cocok untuk mobil Anda?
Ternyata oli transmisi manual termahal yang dijual di pasaran belum tentu cocok untuk mobil bertransmisi manual Anda lho. “Saat ini pelumas roda gigi tipe GL-5 sangat mahal di pasaran. Belum tentu cocok untuk mobil. Karena spesifikasi tiap transmisi manual berbeda-beda,” kata Jongki Priutomo, mekanik Bengkel Om Mobi. pria berkacamata juga menambahkan bahwa tidak semua oli mahal cocok untuk sinkronisasi: “Mari kita ambil contoh mobil transmisi manual yang memiliki sinkronisasi yang terbuat dari perunggu. Saat suhu di girboks tinggi, oli girboks GL-5 yang memiliki aditif khusus bisa merusak sinkronisasi mobil, akibat korosi,” ujar pria yang menamakan dirinya Ohm Turbo itu.
Jadi oli roda gigi mana yang tepat untuk mobil Anda? “Lebih mudah mengikuti rekomendasi pabrikan mobil,” tambah pria yang akrab dengan modifikasi mobil turbo ini. Jadi, Anda bisa membuka manual pemilik mobil Anda untuk mengetahui jenis oli roda gigi apa yang harus Anda beli atau gunakan untuk transmisi mobil Anda. Jadi jangan salah beli oli gear.
Tag: Cara Mudah Cek Oli Transmisi Otomatis Inilah Cara Cek Oli Transmisi Otomatis Mobil Bahaya Mobil Matic Menggunakan Oli Transmisi Manual Jangan Gunakan Oli Transmisi Manual Pada Mobil Otomatis Jenis Oli Mobil Transmisi Manual Transmisi Manual
Kejutan Ini Styling Off-Road Daihatsu Hijet dan Atrai Wagon Konsep Mercedes-Benz EQC 4×4² Baru 2 Bulan Di Pasarkan Pertamax Turbo RON 98 Update Fitur Resmi Hadir di Bangka Belitung
Spesifikasi Mobil Suzuki Karimun Wagon R Blind Van 2015: Kargo Pekerja Lapang Review Toyota Avanza 2008: Mobil Keluarga MPV Berkaki Besar Spesifikasi Mobil Daihatsu Taft 1996: Mobil Tahun 90-an Bisa Bernostalgia Spek Accommod MPV 2016: Wagon
Beberapa tanda wiper blade pada mobil perlu diganti Tanda-tanda adanya masalah pada mobil bila terdapat gejala getaran pada setir Pengenalan komponen utama power window pada mobil Saat menggunakan oli transmisi manual dari mobil, perlu juga diganti, karena dan juga bagi yang menggunakan transmisi otomatis. Jelas, inilah perbedaannya.
Selain masalah oli, ada perbedaan antara kedua jenis transmisi mobil tersebut. Yang paling terlihat adalah penggunaan pedal pada mobil, dimana transmisi otomatis hanya menggunakan 2 pedal dan manual 3 pedal. Untuk menjaga performa yang baik, keduanya membutuhkan oli yang bertugas melumasi komponen transmisi pada mobil. Lantas apa perbedaan oli transmisi manual dan otomatis untuk mobil?
Jika membahas perbedaannya, dari segi fungsi keduanya sudah memiliki perbedaan. Jadi peran oli pada mobil bertransmisi manual adalah untuk melumasi komponen mesin agar dapat berjalan dengan lancar.
Sedangkan oli transmisi pada mobil matic tidak hanya berguna pada proses pelumasan saja. Namun tugas lainnya adalah bertindak sebagai penggerak mekanisme pergantian gigi.
Sedangkan dari segi kekentalan, oli transmisi manual lebih tinggi dibandingkan dengan oli matic yang cenderung cair dan berwarna cerah, misalnya hijau atau merah. Tujuan dari pemberian warna ini adalah agar ketika terjadi kebocoran dapat dengan mudah dikenali. Pasalnya, bila oli transmisi matic bocor, maka akan berdampak negatif pada kendaraan.
Berikut perbedaan oli transmisi manual mobil dan oli motor. Dimana terdapat beberapa perbedaan seperti fungsi, tampilan, kandungan didalamnya dan juga waktu penggantiannya.
Oli motor memiliki fungsi utama sebagai pelumas yang berguna sebagai pelindung komponen mesin. Jadi saat mobil bergerak, akan ada komponen di dalam mesin yang saling bersentuhan.
Dengan oli, komponen ini tidak akan rusak. Sedangkan oli transmisi sendiri memiliki fungsi untuk memindahkan transmisi dengan mulus tanpa ada masalah.
Selain itu, oli transmisi juga berfungsi sebagai penghubung antara transmisi dengan gardan mobil. Saat transmisi kehabisan oli, transmisi tidak dapat dipindahkan ke transmisi manual atau otomatis.
Ada juga perbedaan pada tampilannya, oli motor mobil memiliki warna keemasan dan menjadi gelap saat digunakan. Bahkan jika digunakan terlalu lama tanpa menggantinya, itu akan menjadi hitam.
Sedangkan oli transmisinya sendiri memiliki warna kemerahan, dan juga mengalami perubahan saat digunakan dalam waktu yang lama yaitu berwarna hitam. Selain itu, oli roda gigi menjadi lebih encer saat digunakan dalam waktu lama, jadi ini mungkin pertanda sudah saatnya mengganti oli Anda.
Jadi ada perbedaan dalam isinya. Untuk oli motor dibuat dari minyak bumi atau oli mineral, namun ada juga yang menggunakan bahan sintetik. Tidak hanya itu, produksinya merupakan kombinasi antara sintetik dan mineral menjadi semi sintetik.
Sedangkan oli roda gigi bekas mengandung detergen dan aditif. Alasan adanya penambahan kandungan ini adalah agar komponen yang membentuk sistem transmisi dapat terjaga dan juga terhindar dari resiko keausan.
Dari segi penggantian, selisih keduanya cukup besar. Dibandingkan dengan oli roda gigi, oli mesin diganti lebih cepat. Hal ini dikarenakan oli motor memiliki fungsi melumasi seluruh bagian mesin mobil. Oli transmisi hanya berfungsi untuk melumasi sistem transmisi.
Untuk oli transmisi, penggantian dilakukan setiap 30.000 km untuk mobil dengan transmisi otomatis. Sedangkan dengan transmisi manual, penggantian dilakukan setelah mobil menempuh jarak sekitar 30.000 hingga 40.000 km.
Seperti yang kita ketahui bersama, ada banyak jenis merk oli yang dijual di pasaran. Sedangkan untuk oli transmisi manual yang baik sebaiknya membaca manual kendaraan Anda mengenai spesifikasi yang dibutuhkan. Karena ada oli transmisi manual dari Shell, merek dan pabrikan lain juga punya oli nasional sendiri.
Oleh karena itu pada mobil yang menggunakan transmisi manual terkadang sulit untuk mengakses transmisi tersebut. Jika oli transmisi sudah lama tidak diganti, ini pertanda. Secara umum persneling terasa berat dan cukup sulit untuk masuk ke persneling yang diinginkan.
Nah, biasanya yang bisa terjadi adalah kampas kopling mulai aus, atau oli persneling sudah tidak layak pakai, atau sudah lama tidak diganti. Untuk perawatan pertama yang murah dan mudah yaitu mengganti oli gear.
Jika sudah saatnya mengganti oli transmisi dan pemilik belum melakukannya, Anda mungkin akan mendengar suara dengungan dari kolong kendaraan. Biasanya hal ini terjadi karena transmisi menempel di transmisi akibat berkurangnya kualitas oli transmisi manual mobil.
Bila kondisi oli transmisi kurang baik, bisa terjadi getaran. Jadi saat Anda idle atau diam, roda gigi akan bergetar. Namun bukan berarti hanya masalah pada oli transmisi saja, karena transmisi yang berceloteh bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya dudukan transmisi yang bermasalah.
Tanda ini paling mudah dikenali, hanya perlu diperiksa. Anda bisa melakukannya dengan melihat tongkat celup oli yang mengarah ke transmisi kendaraan. Umumnya dari segi bentuk seperti tongkat celup yang menampung oli motor. Jika warna oli sudah hitam, berarti perlu diganti. Sedangkan oli yang masih berwarna kemerahan atau merah muda menandakan kondisinya masih bagus.
Kemudian ada juga perbedaan antara oli roda gigi dan oli gardan. Perbedaan pertama adalah dari segi fungsi. Oli gardan berfungsi untuk melumasi gardan atau bagian diferensial kendaraan. Sedangkan oli transmisi sudah dijelaskan di atas.
Mengenai kandungan zatnya, ada juga perbedaannya. Untuk oli roda gigi, SAE 40 atau SAE 90 umumnya digunakan pada mobil dengan sistem penggerak roda belakang. Sedangkan oli gardan yang digunakan adalah SAE 140 atau SAE 90 yang dilengkapi dengan API GL 5.
Namun, perhatikan bahwa ini berbeda dengan mobil dengan penggerak roda depan atau yang dilengkapi dengan transmisi. Takaran oli roda gigi dan oli gardan juga berbeda, umumnya oli roda gigi membutuhkan antara 1 hingga 1,2 liter sedangkan oli gardan membutuhkan 2 liter oli.
N.B. Yang harus kami tekankan adalah untuk spesifikasi dan pengukuran yang tepat mengenai oli transmisi, mesin, dan gardan, dapat mengacu pada manual kendaraan. Anda juga bisa mencari mekanik terpercaya dan profesional seperti di bengkel-bengkel resmi.
Oleh karena itu informasi mengenai oli transmisi manual mobil memiliki perbedaan dengan oli motor, oli transmisi otomatis dan oli gardan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk merawat kendaraan anda agar tetap dapat berfungsi dengan baik.
Disarankan untuk menggunakan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Meski ada pemilik yang melakukan hal tersebut, ada baiknya berkonsultasi dengan mekanik resmi atau bengkel terpercaya lainnya.
Karena fungsinya yang sangat penting yaitu menjaga kondisi mesin tetap prima dan mencegah kerusakan pada bagian mesin mobil. Oli juga membantu proses pendinginan sehingga mesin lebih awet.
Jika Anda tahu caranya, tidak apa-apa. Namun, Anda perlu mengetahui secara pasti spesifikasi oli transmisi mobil dan juga takarannya.
Sejak 2015 mengisi konten di berbagai website di Indonesia. Ia bergabung pada tahun 2017 sebagai content writer dan menganalisis perkembangan dunia otomotif di Indonesia. Pecinta dunia otomotif, baik mesin maupun mobil. Sebelum Anda menjadi seorang penulis, perawatan mobil memiliki banyak manfaat, salah satunya menjaga kondisi mobil tetap prima. Sebagai pemilik mobil, penting untuk menyediakan waktu untuk perawatan. Anda harus mempertimbangkan beberapa bagian yang memerlukan pemeriksaan rutin, seperti komponen