Jurnal Digital Marketing Di Masa Pandemi

Jurnal Digital Marketing Di Masa Pandemi – Strategi Digital Marketing UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Bersaing di Era Pandemi_Strategi Digital Marketing UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Bersaing di Era Pandemi

Pandemi Covid-19 berdampak besar bagi perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Mereka harus memikirkan strategi yang lebih baik untuk bertahan hidup. Salah satu strategi yang paling relevan selama pandemi ini adalah strategi

Jurnal Digital Marketing Di Masa Pandemi

Penelitian strategi digital marketing UMKM untuk bersaing di era pandemi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Penelitian deskriptif mengumpulkan data berdasarkan faktor-faktor yang mendukung obyek penelitian. Penelitian kualitatif berkaitan dengan pemikiran, persepsi, pendapat, keyakinan orang yang diteliti dan ini semua tidak dapat diukur dengan angka.

Pembinaan Strategi Pemasaran Produk Pepaya Crispy Di Media Sosial Pada Masa Pandemi

Ananda, A.D., & Susilovathy, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis industri kreatif di Kota Malang. Jurnal Ekonomi, X(X), 120–142.

Mulai, H. (2020). Urgensi Penggunaan E-Marketing dan Keberlanjutan Umkm di Kota Pekalongan Dalam Dampak Covid-19. Balanka: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342

Hardilavati, W Laura. (2020) Strategi Survival UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomi, 10(1), 89-98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Katrin, K., & Vanel, Z. (2020). Digital Marketing Platform (Cashback) Komunikasi Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Beli Konsumen. Sumber: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 14. https://doi.org/10.35308/source.v6i1.1753

Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Dan Menengah (umkm) Di Masa Pandemi Covid 19 Melalui Pendekatan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat

Mascarto, L.N.R. (2021). Menerapkan strategi bisnis di masa pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi IKRA-ITH, 4(1), 122-127.

Maulidasari, CD, & Damrus, D. (2020). Dampak Online Marketing di Era Covid-19. Jurnal Studi Strategi Bisnis dan Manajemen, 4(2), 233-245. http://jurnal.utu.ac.id/jbkan/article/view/2620

Mustika, M. (2019). Sebuah penerapan teknologi digital marketing untuk meningkatkan strategi pemasaran snack tivul. JSAI (Journal of Scientific and Applied Informatics), 2(2), 165–171. https://doi.org/10.36085/jsai.v2i2.352

Narto, N., & HM, G.B. (2020). Memperkuat strategi pemasaran Pudac di tengah pandemi Covid-19 untuk meningkatkan daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah di kota Yunani. Jurnal Teknik Industri INTECH, Universitas Serang Raya, 6(1), 48–54. https://doi.org/10.30656/intech.v6i1.2195

Sinergitas Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Dan Kesehatan Di Desa Ngadiluwih, Karanganyar

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Malaka Sari Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Sipil (JPMM), 1 (1), 1-17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Santoso, R. (2020). Tinjauan pemasaran digital e-commerce dan keberlangsungan bisnis di masa pandemi Covid-19 atau dikenal juga dengan Indonesia Corona Virus atau COVID-19 telah mengubah perilaku di era peta yang sangat terpengaruh. Ribuan UMKM punya Pandey. Jurnal Ekonomi Terapan, 5(2), 36-48. https://e-journal.unair.ac.id/JIET

Sari, S.P. (2020) Strategi Meningkatkan Penjualan di Era Digital. Jurnal Ilmiah Refleksi: Ekonomi, Akuntansi, Manajemen Bisnis, 3(3), 291–300. https://doi.org/10.5281/zenodo.3930698

Sedyastuti, K. (2018). Analisis pemberdayaan UMKM dan peningkatan daya saing di panggung pasar global. Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65

Strategi Pemasaran Iklan Digital Dalam Pengambilan Keputusan Berbasis Online

Sulaksono, J. (2020). Peran Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Tales Kabupaten Kediri. Jurnal Generasi, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Suswanto, P., & Setiavati, S.D. (2020). Strategi Marketing Communication Shopee dalam Membangun Positioning di Tengah Pandemi Covid-19 di Indonesia. Timeline: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16–29. http://52.221.78.156/index.php/linimasa/article/view/2754

Vella, SF, & Cherry, C. (2020). Menerapkan keberlanjutan sebagai alat pemasaran di era pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Muwara, 4(2), 343. https://doi.org/10.24912/jmieb.v4i2.8284 Indonesia merupakan salah satu negara penghasil dan konsumen kopi terbesar di dunia. Karena bagi masyarakat Indonesia, minum kopi merupakan tradisi untuk merayakan nilai kerjasama dan mempererat persaudaraan. Peminum kopi semakin meningkat di Indonesia dan keberadaan kedai kopi modern di Indonesia semakin berkembang dengan tren ini. Namun, kebijakan pemerintah (Penerapan PSBB) untuk memerangi pandemi dan wabah Covid-19 menjadi pukulan telak bagi industri kopi, khususnya industri kedai kopi. Namun, munculnya jenis kedai kopi baru yang menggunakan teknik pemasaran digital merupakan salah satu cara untuk menjawab permasalahan yang ada. Morfee Coffee, kedai kopi yang didirikan oleh mahasiswa IKB LSPR dan terdampak pandemi Covid-19, terpilih sebagai pusat penelitian; Morfee Coffee terpaksa menutup tokonya dan mengubah model bisnisnya untuk fokus pada pemasaran digital sebagai jawaban atas tantangan selama pandemi sejak tahun 2020. Inilah mengapa Morphy memandang kopi sebagai fokus penelitian. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sampling deskriptif dan menggunakan 7 bauran pemasaran dan SWOT. Hasil kajian menunjukkan bahwa meskipun Morfee Coffee tidak menerapkan pemasaran digital yang efektif sepenuhnya, jika Morfee Coffee mengoptimalkan strategi pemasaran digitalnya, Morfee Coffee dapat memiliki model bisnis yang berkelanjutan di tengah pandemi.

Agustinus, M., & Prasetyavathy, Y.R. (2020). Pengaruh kualitas informasi pada Instagram dan electronic word of mouth terhadap citra dapur. Profesi Humas, 5 (1), 82-97. https://doi.org/10.24198/prh.v5i1.23966

Webinar Berseri 2020: Problematika Aplikasi Marketing Digital Pada Umkm Selama Masa Pandemi

Gama, M.A. (2018) Strategi Komunikasi Pemasaran Kopi Zongkir 13. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 7(2), 148-153.

Hamida, N.A. & Hoki, M.S. (2019) Strategi Pemasaran dan Analisis SWOT Pengembangan Bisnis Toko: Studi Literatur dan Desain Bisnis Las Cafe. Margin Eco: Jurnal Bisnis dan Pengembangan Bisnis, 3(2), 14-29.

Hendrawan, A., Sukahyowati, H., Kahandi, K., Indriani, & Rayendra, A. (2019). Dampak Digital Marketing Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Silacap. Jurnal Urusan Administrasi dan Kesekretariatan, 4(1), 53–60.

Keller, K.L. (2008). Manajemen merek strategis: Membangun, mengukur, dan mengelola ekuitas merek (edisi ke-3). Pearson Prentice Hall, Inc.

Penyusunan Strategi Pemasaran Islam Dalam Berwirausaha Di Sektor Ekonomi Kreatif Pada Masa Pandemi Covid 19

Nasihin, M.A., Subagyo, S.E.F., Erfariani, S.A., & Farida, S.N. (2020) Strategi Bisnis New Common Era untuk Warung Kopi di Surabaya: Studi Kasus Baby’s Coffee Surabaya. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 13 (2), 76-78.

Oktaviani, F. & Rustandi, D. (2018). Implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness. Profesi Humas, 3 (1), 1-20. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Rafia, K.K. (2020) Kajian strategi pemasaran yang efektif bagi UMKM kedai kopi dalam konteks masa pandemi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan, 16 (2), 30-38.

Sodersono, D.K., Mohammed, B., Adamu, A.A., & Pradita, K.A. (2020). Kelola komunikasi pemasaran digital kedai kopi dengan Instagram. Internasional Teknologi Seluler Interaktif, 14 (5), 108-118.

Cakapind, Inovasi Mahasiswa Unja Solusi Digital Marketing Bagi Umkm Jambi

Aditya, S., & Jaya, M.P.P. (2021). Strategi Digital Marketing Produk Minuman Kopi Saat Pandemi. Riset Bisnis dan Pariwisata, 1(1), 37-46. https://doi.org/10.37535/104001120213Publikasi JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) merupakan sumber informasi yang bertujuan menyebarluaskan gagasan atau pemikiran konseptual serta hasil penelitian yang dicapai dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.

UMKM merupakan salah satu kekuatan ekonomi nasional. UKM menjadi sektor yang paling rentan selama pandemi Covid-19, terutama dalam hal pemasaran dan penjualan produk. UKM Garasi merupakan usaha yang bergerak di bidang kerajinan kayu. Kegiatan layanan ini akan membantu mengatasi masalah garasi kayu. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan ini adalah mengimplementasikan digital marketing dengan aplikasi Google My Business. Aplikasi ini membantu UKM agar bisnis mereka dapat ditemukan oleh calon pelanggan di Google Search dan Maps. Metodologi yang digunakan dalam kegiatan ini adalah membuat tim kegiatan, menganalisis, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menghasilkan aplikasi Google Bisnisku sebagai alat pemasaran dan penjualan online, serta melatih pemilik usaha agar mampu mengelola aplikasi Google Bisnisku.

JURPIKAT (pengabdian masyarakat) menerima naskah yang belum diterbitkan di tempat lain dan tidak dalam pertimbangan untuk diterbitkan di media cetak atau elektronik lain. Penulis mempertahankan hak cipta dan diberikan hak jurnal publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah lisensi Creative Commons BY-NC, yang memungkinkan orang lain mereproduksi karya dengan pengakuan dari penulis karya dan publikasi awal dalam berbagi jurnal ini.

Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi publikasi karya jurnal (seperti mempostingnya ke repositori institusional, menerbitkannya dalam jurnal atau buku), dengan pengakuan atas publikasi pertamanya dalam jurnal ini.

Pariwisata Digital: Transformasi Pemasaran Pariwisata Indonesia Melalui Instagram Dan Youtube Pemerintah Selama Masa Pandemi Covid 19

Penggunaan artikel secara nonkomersial diatur oleh Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). Penulis dengan ini memberikan kepada JURPIKAT (pelayanan masyarakat) lisensi publikasi dan distribusi eksklusif dalam manuskrip, termasuk tabel, ilustrasi atau sebagai bagian dari manuskrip (“Artikel”) yang dikirimkan untuk publikasi di media cetak, elektronik, dan media lainnya (baik yang sekarang dikenal atau yang lebih baru dikembangkan), dalam bentuk apa pun, bahasa apa pun, di seluruh dunia, untuk seluruh jangka waktu hak cipta, dan hak untuk melisensikan orang lain untuk melakukan hal yang sama, efektif saat artikel diterima untuk diterbitkan. Lisensi ini mencakup hak untuk menegakkan hak yang diberikan di bawah ini terhadap pihak ketiga.

Danny Anggoro, Humisar Hasugian dan Nofiani. (2020) Implementasi Digital Marketing Bagi UKM Untuk Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk Di Masa Pandemi Covid-19. JURPIKAT (Pengabdian Masyarakat), 1 (3), 384-391. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.345

Azaria, P.A. (2014). Pemasaran internet tentang penciptaan dari mulut ke mulut dan efektivitas periklanan untuk meningkatkan kesadaran merek. Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 13 no. 1.

Dwiyartha, saya berhasil Bagus (2017). Google Business, SIM dan Sia Guna menentukan handphone sebagai sarana peningkatan pendapatan masyarakat. Panamas Adi Buana, Vol. 1 no. 1.

Analisis Keberadaan Branding Dalam Menunjang Digital Marketing Pada Usaha Mina Giri

Kusumavardani R, Kurniawan IS, Ningram NK. (2020) Pelatihan Digital Marketing dan Manajemen Bisnis Untuk Akselerasi Kinerja UKM Pengrajin Bambu di Desa Tirthodi, Mlati, Slemon. Pengabdian Masyarakat, Vol. 5 No.1.

Fawai A. (2018). Mengubah konsep pemasaran Butik Madura dari tradisional menjadi pemasaran digital. EKSYAR: Ekonomi Syariah dan Bisnis Islam. Jilid 5 Nomor 01

Pradiani. T. (2017). Dampak sistem pemasaran digital marketing dalam meningkatkan volume penjualan produk home industry. Sarjana Ekonomi dan Bisnis Asia. Jilid 11 Nomor 2

Putri, S.D. & Fitra, D.S. (2017). Dampak kampanye pemasaran online #samyangchallenge terhadap perilaku konsumen digital native pengguna YouTube Indonesia. Profesi Humas, 1

Prosiding Seminar Nasional Dan Call Paper, Tema: “strategi Pemulihan Umkm Pasca Pandemi Covid”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like