Contoh Peluang Usaha Yang Kreatif Dan Inovatif – Bagaimana Memanfaatkan Peluang Bisnis Secara Kreatif dan Inovatif? Ini 5 Caranya! – Memanfaatkan peluang usaha adalah modal utama yang harus dimiliki seorang pengusaha. Beberapa ide bisnis mungkin menarik, tetapi jika tidak ada peluang untuk menjalankan bisnis, bisnis Anda tidak akan berjalan dengan baik.
Di sisi lain, ide bisnis Anda mungkin biasa-biasa saja, tetapi ketika dieksekusi pada waktu yang tepat, bisnis Anda bisa sukses.
Itulah pentingnya memanfaatkan peluang bisnis. Seorang pengusaha harus pandai mencari celah agar usahanya bisa berkembang. Nah berikut adalah lima cara memanfaatkan peluang bisnis secara kreatif dan inovatif. Perhatikan poin-poin berikut!
Perhatikan sekeliling Anda. Apa saja masalah yang ada di lingkungan? Bagaimana sebuah bisnis bisa lebih sukses daripada para pesaingnya? Analisis dan pelajari bagaimana bisnis bisa gagal atau kosong dari pembeli.
Sekitar tempat tinggal Anda. Namun, ada restoran serupa di lingkungan Anda yang ternyata sepi pelanggan, padahal letaknya di lokasi yang strategis dan ramai. Setelah diselidiki, ternyata harga makanan di restoran tersebut cukup mahal dan mereka kurang mempromosikan usahanya.
Dengan mengetahui masalah yang dihadapi pengusaha lain, Anda bisa mengetahui bisnis seperti apa yang bisa sukses. Anda bisa membuka restoran serupa dengan harga lebih murah dan kualitas makanan lebih baik. Dengan begitu, konsumen akan lebih tertarik untuk mencicipi makanan di restoran Anda.
Sekarang, hampir semua orang menggunakan internet dan media sosial. Tak heran jika media sosial menjadi salah satu cara untuk memanfaatkan peluang bisnis dengan cara yang inovatif dan kreatif. Anda bahkan dapat menggunakannya sebagai alat promosi yang sangat efektif untuk menarik pembeli. Sayang sekali jika tidak memanfaatkan internet dan media sosial.
Sebagus apapun bisnis Anda, jika tidak ada yang tahu apa yang Anda lakukan, lalu siapa yang akan membeli produk Anda?
Anda juga dapat menggunakan media sosial sebagai cara untuk berbagi informasi. Misalnya, Anda menjual produk kosmetik dengan bahan yang tidak terlalu dikenal. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mengedukasi calon pembeli tentang bahan-bahan tersebut dan manfaatnya, sehingga orang tidak ragu untuk membeli produk Anda.
Meskipun ada banyak peluang bisnis yang bisa Anda kejar, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada membuat sesuatu dari hobi Anda. Ini bisa menjadi cara kreatif dan inovatif untuk memanfaatkan peluang bisnis.
Ini adalah pilihan bisnis yang sangat baik. Saat ini banyak sekali kue yang menjadi trend dan banyak kalangan milenial yang menyebutnya. Anda hanya perlu mencari tahu bagaimana peluang mendapatkan banyak pembeli, lalu masuk ke dapur Anda, dan mulai mengolah bahan-bahan untuk membuat kue yang enak.
Memulai bisnis bukanlah hal yang mudah. Ada banyak tantangan yang menanti Anda saat menjalankan bisnis.
Namun, akan lebih mudah untuk menangani jika Anda bekerja dengan orang lain. Misalnya dengan bergabung di KOMPAG atau Komunitas Mitra GoFood. Di komunitas ini, Anda bisa bertemu dengan pegiat UMKM lainnya dan memperluas kontak.
KOMPAG merupakan wadah khusus yang didirikan Gojek untuk para pelaku UMKM agar saling mengenal, teredukasi, dan termotivasi.
Ada program-program pelatihan yang bisa menguatkan Anda saat menjalankan bisnis, seperti Live Streaming Smart Chat bersama GoFood (NGOPI) mingguan, KOMPAG Gathering KOMPAG Regional atau Kabupaten dua bulan sekali, KOMPAG Akbar Gathering tiga bulan sekali, dan KOMPAG Lively setahun sekali untuk merayakan hari jadi KOMPAG di bulan Oktober.
Selain mendapatkan pelatihan rutin, dengan mendaftar di KOMPAG Anda juga dapat menikmati keuntungan lainnya, seperti berbagi tips dan trik bisnis dengan sesama pengusaha, kemudahan pemasaran produk, belajar menggunakan media sosial, dll.
Cara terakhir untuk memanfaatkan peluang bisnis secara kreatif dan inovatif adalah dengan melihat bisnis pesaing Anda. Bisnis Anda harus memiliki keunggulan yang tidak dimiliki pesaing Anda. Misalnya, jika Anda membuka usaha kedai kopi
Yang hanya menjual minuman berkafein. Oleh karena itu, Anda dapat meningkatkan bisnis Anda dengan menawarkan minuman bebas kafein sehingga dapat menjangkau khalayak yang lebih luas. Alhasil, potensi pendapatan bisa meningkat.
Berikut lima tips yang bisa Anda praktikkan sebagai cara memanfaatkan peluang bisnis secara kreatif dan inovatif. Dengan menerapkan cara-cara tersebut, Anda dapat menentukan bisnis dengan potensi sukses yang tinggi. Selamat mencoba PELUANG BISNIS/BISNIS Peluang memperoleh keuntungan melalui kegiatan usaha Tidak semua usaha/peluang usaha cocok untuk setiap waktu dan tempat. Bagi calon pengusaha yang akan membuka usaha baru terlebih dahulu perlu melakukan observasi lapangan dan banyak bertanya tentang usaha yang akan digelutinya.
FAKTOR RISIKO BISNIS ANALISIS KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN BISNIS PELUANG BISNIS MENGGUNAKAN PELUANG LAYAR KREATIF DAN INOVATIF MENGEMBANGKAN IDE KREATIF DAN INOVATIF
PELUANG BISNIS ENTREPRENEUR SUMBER MENTAL DAN KREATIF DAPATKAN IDE BARU MINTA DIRI ANDA UNTUK MENDENGARKAN REKOMENDASI DARI ORANG LAIN YANG MEMILIKI ETOS KERJA TINGGI, KOMUNIKATOR BAIK
Dimana peluangnya? ANCAMAN APA YANG ANDA KETAHUI TENTANG BISNIS Apa yang dapat mengancam bisnis? KEKUATAN Apakah ada kekuatan yang dapat mendukung KELEMAHAN apa yang membatasi/mencegah kelemahan
SYARAT UTAMA UNTUK MENGGUNAKAN PELUANG BISNIS YANG TELAH POSITIF CARI OPERASI YANG LAMA DAN POSITIF SERTA MENDENGARKAN ORANG LAIN MENGAKUI KESALAHAN YAKIN “ITU AKAN LEBIH BAIK DARIPADA SAAT SITUS KETIKA”
Dr. DJ. Schwartz Percaya dan percaya bahwa bisnis dapat dicapai Jangan bergaul dalam lingkungan statis yang akan melumpuhkan pikiran Selalu bertanya pada diri sendiri “bagaimana saya bisa melakukan bisnis yang lebih baik” Tanya dan dengarkan Perluas pikiran
4 UNSUR KEWIRAUSAHAAN DALAM BISNIS (Paul Charlap) HARD WORK (kerja keras) SMART WORK (kerja cerdas) Enthusiasm (passion) SERVICE (pelayanan)
EFEK LAINNYA Teknologi, regulasi, bencana alam, dll. PERUBAHAN PERMINTAAN Ekonomi, mode, selera konsumen, dll. PERUBAHAN KOMPETITIF POTENSI RISIKO BISNIS DI KONVENSI Kondisi ekonomi yang tidak pasti
Analisis Kebutuhan Pasar/Pengguna Analisis Konten dan Kebutuhan Produk PELUANG Analisis Keberlanjutan Bisnis Melangkah Maju Analisis Persaingan Bisnis Analisis Pendapatan dan Pengembangan
• Sebelum memulai konsep bisnis perlu diketahui, Apakah konsep tersebut memenuhi kebutuhan pasar? Contoh: Target Layanan Laundry pekerja “kantor”, mahasiswa perumahan, pebisnis, dll. Lokasi yang tidak cocok di daerah berpenduduk
• Jika konsep bisnis sudah sesuai dengan kebutuhan pasar Apakah bahan mudah diperoleh dari bisnis Anda? Bahan Baku, Tempat, Harga, dll. Contoh : Perusahaan Keripik Daun Singkong Membutuhkan bahan baku segar Apakah mudah mencari bahan baku di area usaha dan berapa jarak bahan baku ke lokasi usaha (lihat dari angkutan)
• Untuk masa depan, Anda harus merencanakan, Apakah bisnis saya akan berjalan lancar di masa depan atau saya perlu inovasi? Contoh : Pembudidayaan Ikan Louhan Beberapa tahun yang lalu sangat populer Apakah usaha ini masih dibutuhkan kedepannya, tercapai BEP i.d. mengembangkan usaha lain
• Kita perlu melihat usaha lain yang sejenis di sekitar lokasi usaha, agar kita dapat: Menentukan Harga Jual Menentukan Fasilitas dan Pelayanan Temukan pilihan lain untuk menambah usaha Anda Menambah inovasi baru pada usaha Anda Contoh: Bisnis kopi internet di Kota Cianjur Banyak bisnis serupa di sekitar lokasi harus yakin dan menelaah konsep bisnis Bagaimana bisnis tersebut bisa bersaing dengan bisnis sejenis
Sasaran Bisnis = Pendapatan (Keuntungan) Estimasi analisis pendapatan dengan faktor minimum dan maksimum Analisis BEP (Breakeven) pendapatan apa Analisis Stl Pendapatan analisis pengembangan bisnis ke depan
Mereka suka bepergian ke seluruh penjuru dunia (mengembara) Kekayaan adalah bentuk penghormatan anak kepada orang tuanya dan Serious Trading adalah salah satu bisnis yang terbukti dan efektif, tidak mudah putus asa, tegas dan aktif. , tidak boros – berfoya-foya dll Seperti perdagangan yang memberikan keuntungan jangka panjang
SISTEM BISNIS DAN SENI CINA Memudahkan konsumen untuk memilih tanpa tekanan “Biar lambat asal ada” Pelanggan lama: “kebebasan dan layanan khusus” Pelanggan baru: “diskon dan kemudahan kredit” Didorong oleh jumlah banyak orang, sebuah banyak kemiskinan, rasa aman di luar negeri Uang yang tidak pernah dijadikan penghalang
SHIDIQ = Jujur dan berani TABLI = Bertanggung jawab AMANAH = Handal FATHONAH = Pintar ; Adalah baik untuk melihat peluang dan menjaga lingkungan
19 “HAITS ROHANI” Berdaganglah dengan anda, karena 9 dari 10 bagian kehidupan berasal dari perdagangan 9 bagian pengusaha 1 bagian pekerja Kekayaan tidak merugikan orang yang bertakwa kepada Allah Roh SWT itu kaya dan memperkaya orang lain Memudahkan menjadi kaya untuk menyembah kami, kemiskinan mendekatkan kami, kami tidak percaya
20 “HAITS Spiritual” Katakan pada phk Anda membeli dan menjual “Anda tidak bisa menipu” “Allah telah menghalalkan jual beli” … (Quran) melakukan bisnis sesuai dengan syariah licik, itu tidak akan anak-anak atau istri menikmati apa-apa. dari kami selain harta ada Haraam Brg yang merasa senang kalau sudah tua dan support nya, silaturrahmi ke jaringan teman-teman nya untuk support
Semangat berbagi (spiritual entrepreneurship) pusat kemaslahatan (benefit orientation) tidak hanya pada keuntungan Allah tidak akan berbelas kasih kepada seseorang, jika orang itu tidak mencintai sesamanya “kami tidak mengutus kamu apapun selain rahmat kepada” alam semesta”.. ( Quran ) jangan takut persaingan Tingkatkan “pie” (ukuran pasar), bukan hanya “irisan kue” (pangsa pasar)
SEKTOR PERDAGANGAN/DISTRIBUSI Kegiatan usaha memindahkan barang dari produsen ke konsumen Laba usaha = (harga jual + keuntungan yang diinginkan) – harga beli Toko eceran, agen, grosir, dll. SEKTOR PRODUKSI/Industri/manufaktur Mengubah bahan/barang menjadi barang lain yang memiliki nilai tambah lebih tinggi Laba usaha = (harga jual + keuntungan yang diinginkan) – (b. produksi + b. pemasaran) Pabrik, tukang, UKM, dll. AREA LAYANAN KOMERSIAL Kegiatan usaha menjual jasa kepada pelanggan Laba operasi = harga jual jasa – biaya operasi Perhotelan, restoran, tempat wisata, dll.
JENIS MINAT PRODUK/JASA Penawaran. perdagangan, jasa, dll.