
Apa Yang Dimaksud Dengan Analisis Peluang Usaha – Analisis peluang pasar adalah tugas penting karena dapat membantu bisnis membuat keputusan yang tepat, terutama saat produk baru dirilis.
Bayangkan jika analisis pasar tidak dilakukan, perusahaan berisiko besar kehilangan peluang pasar yang dapat membantu bisnis bertahan dalam jangka panjang.
Tidak hanya itu, ide bisnis yang dijalankan bisa saja menghadapi risiko kerugian bahkan kegagalan. Seperti ketidaksesuaian permintaan pasar dengan produk yang kita suplai, atau harga produk yang tidak sepadan dengan daya beli konsumen.
Analisis peluang pasar adalah proses penelitian yang dilakukan untuk mencari dan menemukan peluang bisnis terbaik berdasarkan penilaian berbagai faktor yang terkait dengan risiko bisnis, analisis pesaing, perilaku konsumen, kondisi politik dan ekonomi saat ini.
Analisis potensi pasar sendiri merupakan bagian penting dari strategi manajemen pemasaran. Dengan menganalisis hal tersebut, perusahaan dapat menyusun strategi penjualan untuk mencapai tujuan bisnis.
Mengembangkan produk baru merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk memenuhi kebutuhan musiman konsumen. Berdasarkan Basis Data Produk Baru Global Mintel, setidaknya 33.000 produk baru diluncurkan dari bisnis barang kemasan konsumen setiap bulan.
Menurut Joan Snyder dan Julie Hall dari Snyder Associates di Harvard Business Review, kegagalan itu karena kurangnya persiapan.
Para pelaku usaha ini seringkali belum meriset pasarnya secara mendalam, namun sudah optimis produk barunya akan sukses. Namun, ini tidak didukung oleh data tanah.
Perusahaan minuman ringan terkenal, Pepsi, menghadapi kegagalan dalam meluncurkan produk baru Pada tahun 1993, Pepsi merilis cola tak berwarna atau bening yang disebut Crystal Pepsi.
Sayangnya, produk baru dengan tagline “Anda belum pernah melihat rasa seperti ini” tidak disukai konsumen karena perusahaan tidak memberikan penjelasan apa pun tentang produk tanpa warna tersebut.
Pepsi tidak membantu konsumen untuk memahami produk yang mereka keluarkan, akibatnya konsumen menolak produknya dan pada tahun 1995 perusahaan tersebut memutuskan untuk berhenti memproduksi minuman tersebut.
Kegagalan ini bisa dihindari jika Pepsi melakukan analisis pasar yang mendalam dan menyeluruh sebelum meluncurkan produk baru.
Setelah mengetahui pengertian analisis peluang pasar dan potensi kerugian jika tidak melakukannya, apa tujuan dan keuntungan dari bisnis tersebut?
Dengan menganalisis pasar, para pebisnis dapat mengidentifikasi target pasar baru sehingga dapat terus tumbuh dan mengembangkan usahanya. Tidak hanya itu, analisis pasar memiliki berbagai tujuan, seperti:
Untuk memilih dan menentukan strategi pemasaran yang efektif dan tepat agar dapat diimplementasikan dalam bisnis, ada beberapa cara yang dapat dilakukan.
Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menentukan target pasar yang sesuai dengan produk yang akan kita tawarkan.
Pasar konsumen disini adalah masyarakat yang membeli produk untuk kebutuhan sendiri seperti kebutuhan rumah tangga dan obat-obatan.
Individu, kelompok, atau organisasi yang menggunakan produk atau layanan untuk tujuan membelinya, menghasilkan produk lain, atau menggunakannya untuk kebutuhan bisnis perusahaan sehari-hari.
Setelah menentukan target pasar, selanjutnya mengamati dan menganalisis konsumen dan pesaing. Cari tahu masalah apa yang dihadapi konsumen dan produk atau layanan apa yang dapat menyelesaikan masalah tersebut.
Selain itu, kita perlu memastikan bahwa pasar untuk produk baru tersebut cukup besar dan dapat bertahan lama.
Kita perlu mengidentifikasi segmen konsumen yang memiliki kesamaan karakteristik seperti umur, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, tempat tinggal dan gaya hidup.
Kita tidak hanya harus menganalisis konsumen, tetapi juga memantau pesaing kita. Dengan melakukan analisis pesaing, pemasar dapat menilai dan mengukur kelemahan dan kekuatan produk pesaing, yang pada gilirannya dapat membantu perusahaan mengembangkan strategi yang lebih baik.
Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi kegiatan bisnis secara internal dan eksternal dalam suatu organisasi atau perusahaan.
Faktor lingkungan bisnis meliputi sumber daya, perkembangan teknologi, regulasi pemerintah, perubahan geopolitik, indikator ekonomi, kebijakan perdagangan dan sosial budaya, bencana alam.
Analisis faktor lingkungan bisnis dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan data geospasial suatu wilayah. Contohnya adalah menganalisis data bencana pada tingkat kejahatan suatu daerah.
Dengan memahami faktor lingkungan bisnis tersebut, pelaku bisnis dapat mengetahui faktor positif dan negatif yang mempengaruhi bisnisnya sehingga dapat menerapkan strategi yang tepat dengan mempertimbangkan segala risiko yang mungkin dihadapi.
Sesuai dengan teknologi digital yang terus berkembang, kini lebih mudah untuk menganalisis peluang pasar dibandingkan sebelumnya. Kemajuan ini dapat kita rasakan dalam penerapan big data dan analitik yang mampu mengolah data yang kompleks menjadi informasi yang mudah dipahami.
Dengan platform ini, analisis menjadi mudah karena dilengkapi dengan kemampuan machine learning dan kelengkapan data spasial seperti populasi, point of interest, status sosial ekonomi masyarakat secara near real-time hingga tingkat kepadatan suatu wilayah. Bahwa itu dapat memberikan wawasan yang akurat dan digunakan oleh bisnis.
Berdasarkan pembahasan kita di atas, dapat disimpulkan bahwa menganalisis peluang pasar memang merupakan hal yang harus dilakukan oleh para pelaku bisnis agar kesuksesan bisnis dapat dijalani dan dikembangkan.
Proses analisis memakan waktu dan mahal jika dilakukan secara manual. Menggunakan platform intelijen LOKASI dapat membantu menganalisis hasil dalam waktu yang relatif singkat dan tentunya.
Pelajari lebih lanjut bagaimana kami membantu bisnis menganalisis peluang pasar dengan menghubungi [email protected] atau WhatsApp di 087777977731. apakah kamu tahu Sebelum membangun bisnis, ada baiknya mengetahui cara menganalisis peluang bisnis dan strategi bisnis. Tujuan dari analisis ini adalah agar Anda dapat menemukan strategi pemasaran dan manajemen yang tepat untuk bisnis Anda.
Sekarang kita akan membahas apa dan bagaimana cara melakukan analisis peluang bisnis terlebih dahulu. Simak penjelasan berikut ini.
Analisis peluang bisnis adalah penilaian menyeluruh terhadap potensi manfaat, pengembalian, dan risiko yang terkait dengan investasi potensial untuk tujuan bisnis. Hal ini memungkinkan bagi perusahaan untuk membuat keputusan yang tepat.
Dalam menganalisis peluang bisnis, subjek mempertimbangkan semua data yang relevan tentang keputusan bisnis. Secara khusus mencakup keputusan untuk berinvestasi dalam aset dan keterampilan tambahan yang selanjutnya dapat membantu kesuksesan bisnis.
Singkatnya, analisis peluang bisnis adalah proses penelitian dimana sebuah perusahaan dapat menjangkau lebih banyak klien potensial atau meningkatkan keuntungan perusahaan.
Baca Juga: Manajemen Keuangan Tips Strategi Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Tindakan, Prinsip, dan Tips Manajemen Rekomendasi Investasi Laba Terbaik: Pengertian, Jenis, dan Perhitungan
Ada banyak alasan untuk menghabiskan waktu dan sumber daya menganalisis peluang bisnis terlebih dahulu. Berikut adalah alasan mengapa analisis ini sangat penting untuk kelangsungan bisnis.
Tujuan dari analisis peluang bisnis ini adalah untuk membantu Anda menyusun strategi jangka panjang untuk bisnis Anda. Beberapa perusahaan sering menghadapi kendala dari faktor eksternal, seperti permintaan saat ini, tren pasar, dan banyak lagi.
Tanpa memperhatikan faktor eksternal tersebut, perusahaan akan buta terhadap inovasi terbarukan. Jadi, sangat penting untuk menganalisis peluang bisnis ini agar Anda dapat memperkirakan tren pasar dalam satu tahun, lima tahun, bahkan 10 tahun ke depan.
Mungkin saat ini Anda sedang mengembangkan teknologi sistem marketplace baru. Inovasi ini bisa sangat bermanfaat bagi perusahaan, UMKM dan konsumen.
Namun, bagaimana Anda tahu jika produk atau layanan yang Anda kembangkan dapat diadopsi oleh masyarakat luas? Jadi, bagaimana perusahaan Anda mengedukasi konsumen tentang nilai teknologi terbaru Anda?
Salah satunya adalah dengan menganalisis peluang bisnis. Seperti yang kita tahu, gojek di tahun 2010 belum secanggih sekarang. Dulu, banyak orang yang belum menggunakan smartphone dan keberadaan aplikasi smartphone sepertinya masih sangat baru.
Padahal, saat itu penemuan ojek online masih terasa baru dan asing bagi semua orang. Namun, seiring berjalannya waktu, Gojek akhirnya menemukan teknologi yang memudahkan mereka menghubungkan penumpang ke armadanya.
Perlu Anda ketahui, Gojek membutuhkan waktu 5 tahun untuk mengembangkan layanannya dan mengedukasi masyarakat Indonesia tentang nilai Gojek.
Dengan menganalisis pasar dengan teori ini, perusahaan dapat mempelajari dan memahami siapa target pasarnya, produk yang dibutuhkannya, dan bagaimana konsumen mengambil keputusan.
Setelah mengetahui pasar saat ini, Anda dapat menentukan dan menemukan strategi pemasaran yang efektif untuk perusahaan atau produk Anda.
Dengan melakukan riset konsumen, Anda dapat mengidentifikasi titik nyeri yang tidak pernah Anda sadari. Hal ini dimaksudkan untuk menganalisis peluang bisnis secara lebih mendalam, sehingga Anda dapat menemukan dan memanfaatkan peluang baru yang muncul.
Terakhir, tujuan analisis peluang bisnis adalah untuk mengidentifikasi hambatan dalam bisnis Anda. Untuk mengetahui hal ini, analis bisnis biasanya menggunakan teori analisis SWOT untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bisnis Anda.
Pelacakan merek adalah cara untuk mengukur upaya kesadaran merek bisnis Anda pada metrik utama seperti kesadaran dan persepsi merek.
Selain itu, pelacakan merek ini sangat membantu perusahaan Anda untuk mendapatkan gambaran tentang sentimen merek secara umum dan keefektifan kampanye yang Anda jalankan. Dengan demikian, Anda akan memahami bagaimana merek Anda sejajar dengan merek pesaing.
Analisis pasar kompetitif ini sangat membantu Anda memahami mengapa pesaing kompetitif. Salah satu cara menganalisis pasar yang kompetitif adalah dengan menggunakan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats).
Coba buat tabel SWOT. Tabel SWOT sangat berguna untuk menemukan proposisi nilai produk sehingga Anda dapat mengembangkan fitur atau layanan yang Anda miliki saat ini. Kemudian, Anda juga dapat menemukan kriteria pertumbuhan untuk meningkatkan upaya strategi bisnis.
Selain itu, metode analisis peluang bisnis adalah dengan mempertimbangkan lingkungan saat ini. Analisis ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu internal dan eksternal.
Analisis ini berguna untuk mengetahui faktor internal apa saja yang mempengaruhi kinerja bisnis Anda. Sumber daya, teknologi, perubahan budaya, peran atau tim baru yang masuk ke dalam bisnis.
Singkatnya, analisis lingkungan internal ini berkaitan dengan semua aktivitas bisnis Anda. Jadi, Anda bisa mengetahui kendala apa saja yang ada di dalamnya